Sukses Bawa Banyak Siswanya Lolos SNBT, Ini Kunci Keberhasilan SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto

SMA Negeri 1 Sooko menjadi satu-satunya sekolah dengan jumlah siswa terbanyak ranking 1 yang lolos di jalur SNBP tahun ini di wilayah Mojokerto Raya.

Di balik keberhasilan itu, ada persiapan intens dan rangkaian treatment yang digulirkan oleh SMAN 1 Sooko bagi peserta didiknya.

Yakni, Bimbingan 3 In 1 Kiat Sukses SNBT, Sekolah Kedinasan dan Cetak Entrepreneur yang di-launching, kemarin (4/4). Peluncuran program itu diresmikan secara langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten-Kota Mojokerto Mudianto.

Program bimbingan ini terbilang berhasil, dibuktikan dengan lolosnya 66 siswa kelas XII di PTN lewat jalur SNBP.  Pelaksanaan program ini telah dilaksanakan mulai Oktober 2023.

’’Tentunya keberhasilan ini bukan kebetulan semata, melainkan berkat sinergisitas dan kolaborasi semua keluarga besar SMAN 1 Sooko,’’ kata Mudianto saat mengawali sambutan.

Adapun, dari jumlah 395 siswa, setelah diseleksi terbagi menjadi tiga kelas bimbingan. Rinciannya, sebanyak 334 siswa ikut bimbingan tes SNBT bersama GO, 69 siswa ikut bimbingan kedinasan dengan Delta Sidoarjo. 26 murid memilih ikut bimbingan entrepreneur IT.

Dengan diluncurkannya program Bimbingan 3 In 1 ini, SMA Negeri 1 Sooko membuktikan komitmennya dalam mengantarkan siswa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Sehingga, kredibilitasnya tak perlu diragukan lagi.

’’SMA Negeri 1 Sooko menjadi satu-satunya sekolah yang mengantarkan siswa terbanyak rangking 1 se-Mojokerto raya lolos ke PTN tahun ini. Saya harap, dibawah kepemimpinan Pak Sutoyo ini, SMAN 1 Sooko bisa terus berkembang kedepannya,’’ tegas dia.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Sooko Sutoyo menuturkan, Bimbingan 3 In 1 menjadi salah satu program inovasi yang dicetuskan sekolah untuk melayani pendidikan siswa.

Pihaknya berkomitmen, setiap tahun jumlah siswa SMAN 1 Sooko yang lolos ke PTN dan Sekolah Kedinasan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

’’Atau bisa menjadikan siswa memiliki jiwa entreprenuer jika mereka tidak berminat meneruskan ke PTN dengan program ini,’’ jelasnya.

Di samping program Bimbingan 3 In 1, SMAN 1 Sooko juga telah melahirkan lima program inovasi unggulan .  Antara lain, Program Bakmi Seporsi, Program Pesan Si Doi, Program Karya Arsayti Siswa-Siswi P5, dan Program Delima.

’’Beragam program ini kami luncurkan agar proses pembelajaran siswa bisa terfasilitasi dengan baik demi meraih cita-cita mereka di masa depan,’’ ujar peraih dua hak cipta karya tulis ilmiah dari Kemenkumhan RI November 2023 lalu itu. (gk/mjf)