Sering Dibuang! Biji Durian Ternyata Punya Manfaat Baik untuk Kesehatan

Durian merupakan salah satu jenis buah dengan bau cukup menyengat namun memiliki rasa yang nikmat. Dengan aromanya yang khas, buah ini selalu memikat banyak pecinta kuliner dan selau di tunggu saat musimnya tiba.

Tingginya konsumsi durian tersebut sejalan dengan bertambahnya limbah biji durian yang terbuang begitu saja. Padahal, banyak manfaat biji durian yang bisa dirasakan dampaknya.

Hasil studi mengenai manfaat biji durian bahkan sudah diterbitkan oleh International Journal of Pharmacological and Pharmaceutical Science, yang menyatakan bahwa biji durian mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa cara pengolahan biji durian yang populer adalah dengan cara digoreng yang nantinya akan seperti kacang goreng, bisa merebusnya langsung seperti ubi dan singkong dan menjadikannya sebagai keripik. Namun bila pandai dalam mengolahnya, biji durian memiliki manfaat yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari biji buah durian antara lain:

1. Mencegah Hipertensi

Manfaat pertama biji durian adalah kemampuannya dalam mencegah hipertensi. Ini berkat kandungan kalium yang terdapat dalam biji durian, yang diyakini mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, biji durian sangat cocok untuk dikonsumsi oleh individu yang menderita hipertensi.

2. Sumber Energi dan Tenaga

Bukan hanya daging buah durian yang kaya akan energi; biji durian juga mengandung sari pati yang tinggi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan energi tubuh.

3. Mendukung Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi dalam biji durian mendukung kesehatan tulang dan gigi, serta mengurangi risiko osteoporosis.

4. Meningkatkan Kebugaran dan Kekuatan Otot

Kandungan protein yang melimpah dalam biji durian berperan penting dalam meningkatkan energi, memperkuat otot tubuh, dan mendukung daya tahan tubuh.

5. Meningkatkan Rasa Makanan

Aroma khas dari biji durian yang hampir mirip dengan daging buahnya dapat digunakan untuk meningkatkan cita rasa dalam pembuatan es krim, makanan manis, dan hidangan lainnya. (gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :