Penerapan P5, SMP Negeri 2 Puri Mojokerto Gelar Kegiatan Wirausaha

Sebagai salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Mojokerto, upaya penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Program Kurikulum Merdeka, SMP Negeri 2 Puri menggelar kegiatan itu selama 26 Februari-2 Maret.

Karakteristik wirausaha pada peserta didik perlu diterapkan melalui kegiatan di sekolah, dengan harapan agar mereka menjadi terbiasa untuk menerapkannya dan memiliki karakter yang siap menjadi wirausaha.

Kegiatan diawali dan dibuka secara langsung oleh Kepala SMPN 2 Puri Subai saat memberangkatkan siswa ke tempat industri.

“Siswa diajak secara langsung melihat proses produksi hingga pemasaran jus jeruk. Tepatnya di Dusun Gambuhan, Desa Modongan, Kecamatan Sooko,” kata Subai.

Produk jus jeruk menjadi objek kegiatan P5 bertema One Day, One Juice. Itu sengaja dipilih lantaran tak sekadar mengajarkan kewirausahaan pada siswa.

Melainkan juga menilik potensi di sekitar sekolah yang memang banyak petani jeruk.

“Selain itu, jus menjadi salah satu minuman yang disukai kalangan anak muda, jadi pemasarannya akan lebih mudah,” terang dia.

Setelah melakukan kunjungan ke home industry, siswa lantas diajak mempraktikkan cara membuat serta mengemas produk jus jeruk sesuai kreasi mereka lalu dipasarkan.

“Bukan hanya berwirausaha melalui stan-stan jualan, tapi kami juga membangun karakter siswa. Ada hikmah dibalik produk yang tersaji yaitu tentang kejujuran, keringat, kerja keras, penyelamatan pangan, ekonomi, budaya, dan sebagainya,” pungkasnya. (gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :