Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Dorong Olahraga Tradisional Lewat Garda Gempita

Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto memberikan penghargaan kepada pegiat olahraga masyarakat berprestasi Kabupaten Mojokerto.

Penghargaan prestasi olahraga itu diserahkan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati kepada para pegiat COOM yang berprestasi, di Pendopo Graha Maja Tama (GMT) Pemkab Mojokerto, Jum’at, (1/3) malam.

Penerima penghargaan tersebut di antaranya, Alfian Tyas Ardiansyah dari Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI), Juara 2 Sepeda Lambat Putra pada event FORNAS, yang juga meraih Juara 1 Sepeda Lambat Putra pada event FORDA.

Gerakan Olahraga Tradisional untuk Generasi Muda Majapahit Jaya (Garda Gempita) yang diinisiasi Kormi Kabupaten Mojokerto dengan melibatkan Disbudporapar, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan bertujuan mendorong olahraga tradisional agar dikenal oleh anak-anak siswa SD dan SMP di Kabupaten Mojokerto.

Tak hanya itu, lewat Dinkes agenda ini akan secara aktif menghitung dan memantau angka kebugaran siswa SD dan SMP di wilayahnya.

Sementara Dinas Pendidikan memastikan bahwa olahraga tradisional dapat dikenal dan dilakukan oleh siswa SD dan SMP baik melalui jalur kurikulum maupun ekstrakurikuler, sehingga Garda Gempita ini bisa berjalan bertahap dan menyeluruh.

“Dengan olahraga tradisional ini akan betul-betul bisa menimbulkan tubuh yang sehat, bugar dan gembira. saya garis bawahi ini ada kata gembira itu sangat mahal dan ini bagian dari hal yang sangat penting dalam kesehatan kita nanti,” ungkap, Ludfi Ariyono Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto.

Selain menyerahkan penghargaan, Bupati Ikfina didampingi Sekretaris Daerah Teguh Gunarko serta bersama Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhro melakukan penandatanganan komitmen bersama.

Diketahui, penandatanganan komitmen bersama Garda Gempita ini juga dilakukan oleh Ketua MKKS, Ketua KKKS, Ketua MGMP-PJOK, Ketua KKG-PJOK, Kepala Disbudporapar, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan, Kormi Kabupaten Mojokerto. (gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :