Tak Sekedar Menebar Aroma Mistis, Film Horor “Sinden Gaib” Juga Sarat Pesan Moral.

Film horor “Sinden Gaib” telah tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Februari 2024. Film Garapan Sutradara Faoza

n Rizal ini dibuat berdasarkan kisah nyata tentang seorang perempuan bernama Ayu yang dirasuki oleh makhluk gaib di Trenggalek Jawa Timur.

Kisah ini diadaptasi menjadi sebuah film, dengan harapan seseorang tidak bersikap sembrono ketika mengunjungi suatu tempat. “Dari kisah ini, ada pelajaran yang bisa dipetik, bahwa sesuatu itu harus kita hargai, walaupun tidak kita ketahui wujudnya.Dimanapun kita berpijak, kita harus menghargai semua hal. Termasuk kita harus selalu membawa hal yang positif, baik untuk lingkungan maupun orang lain. Karena kita nggak akan pernah tau, satu kesalahan yang kita perbuat, bisa berdampak bagi orang lain. Jadi ketika kita berkunjung ke suatu tempat, baiknya bersikap sopan, tidak mengambil barang sembarangan, intinya jangan sembrono, “ ungkap Ayu, narasumber kisah Sinden gaib saat Roadshow di studio Radio Maja FM.

Selain Ayu, tiga cast film Sinden Gaib juga ikut hadir. Ada Sara Fajira pemeran Ayu, Laras Sardi sebagai Rara (sahabat A

yu) dan Arla Ailani pemeran Thea, seorang youtuber yang menjadi penyebab semua kejadian mistis ini.

Kepada Maja FM, Sara Fajira sempat menceritakan proses paling menantang saat pembuatan film ini adalah, ketika ia harus

bisa melagukan tembang atau nyinden dengan logat khas Banyuwangi dan menggunakan Bahasa Osing. “ Ta

ntangannya luar biasa, Karena Sinden Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur itu kan sangat berbeda. Khususnya untuk sinden Banyuwangi dengan Bahasa Osing. Menurutku itu adalah sinden  yang paling sulit yang pernah aku pelajari. Dari pentatoniknya yang berbeda, penekanan, bahasa, notasi, cengkoknya apalagi. Ini jadi luar biasa bikin preasure dan chalange,” ungkap Sara Fajira

Kejadian yang menimpa Ayu, bermula ketika syuting film dokumenter tentang tarian Jaranan Turonggo Yakso di Watu Kandang, Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, beberapa tahun lalu. Saat itu, salah satu teman Ayu mengambil batu di lokasi syuting. Tindakan ceroboh itu kemudian menimbulkan teror yang mengancam keselamatan orang lain. Ayu dirasuki makhluk gaib bernama mbah Sarinten dan terpaksa hidup dengan kondisi yang demikian hingga saat ini. Tak sedikit paranormal yang didatangkan untuk mengatasi gangguan makhluk gaib yang dialami oleh Ayu, tetapi upaya itu belum membuahkan hasil. Kejadian yang menimpa Ayu menunjukkan pentingnya menghormati adat istiadat, budaya, dan kepercayaan di tempat yang dikunjungi.

Nah, Sobat Maja Penasaran dengan kisah Sinden Gaib ini? Yuk segera tonton filmnya di bioskop terdekat.(fan)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :