Lampaui Target, Sub PIN Polio di Jatim Sudah Jangkau 4,7 Juta Anak

Ilustrasi vaksinasi polio pada anak penting untuk cegah penyakit ini. Foto: Kemenkes

Capaian Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Jawa Timur (Jatim) pada putaran pertama mencapai 105,93 persen. Jangkauannya, sudah ada 4.700.636 anak di seluruh kota/kabupaten yang sudah menerima imunisasi.

Imunisasi Polio yang mencapai 4,7 juta anak itu melebihi target awal yang ditetapkan pemerintah provinsi (Pemprov) Jatim, yaitu sekitar 4.437.679 anak.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyatakan, imunisasi Polio di masing-masing wilayah 38 kabupaten/kota rata-rata sudah mencapai 95 persen. Untuk itu, dirinya akan mendorong semua wilayah di Jatim supaya melakukan Sub PIN Polio hingga mencapai 100 persen.

Khofifah menyebut, pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya preventif maupun penanganan terhadap polio di Jatim.

“Pemprov Jatim melalui Dinkes telah melakukan monitoring pelaksanaan sweeping sub PIN putaran pertama sampai dengan 31 Januari 2024,” jelas Khofifah, Senin (5/2/2024).

Meski capaian imunisasi Polio sudah melebih target, namun Dinas Kesehatan Jatim masih
melakukan Rapid Convinience Assesment (RCA) dari hasil sub PIN putaran pertama pada periode 1–7 Februari 2024 nanti. Hal itu untuk mengetahui sasaran dan kisaran cakupan imunisasi di wilayah tersebut,

“Selain itu juga dilakukan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Sub PIN Putaran 1 pada tanggal 2 Februari secara daring bersama Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Selanjutnya Dinkes Jatim bersiap untuk melaksanakan Sub PIN Polio putaran kedua yang akan berlangsung pada 19-25 Februari 2024.

Khofifah minta masyarakat untuk ikut tanggap menghadapi kemungkinan polio pada masing-masing anak. Sehingga berdampak pada kualitas SDM yang unggul di Jatim.

“Ini tugas kita semua. Kami dari pemerintah menyediakan fasilitas dan monitoring. Tapi monitoring terbaik dapat dilakukan mulai dari para orang tua,” tuturnya. (dskm/gk/mjf)

Nekat Cabuli Anak Tetangga, Kakek asal Mojokerto Dituntut 6 Tahun Penjara

Baca juga :