Wali Kota Tekankan Perkuat Sinergi Pada Pengukuhan Anggota Satlinmas Kota Mojokerto

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengukuhkan 684 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Apel Pengukuhan Satlinmas Kota Mojokerto tahun 2023 yang berlangsung di Parkir Timur GOR Seni Mojopahit pada Rabu (22/11/2023).

Pengukuhan anggota Satlinmas Kota Mojokerto ini sebagaimana tertuang dalam Permendagri Nomor 26 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketertiban dan Ketentraman Masyarakat serta Perlindungan Masyarakat serta Surat Keputusan Walikota Mojokerto nomor 100.3.3.3/273/408.101.3/2023.

Dalam amanatnya, Ning Ita sapaan akrab wali kota menyampaikan bahwa seluruh anggota Satlinmas harus terus berisinergi dengan TNI, POLRI, Satpol PP dan unsur masyarakat lainnya untuk bersama-sama menjaga ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sampai ditingkat lingkungan-lingkungan se-Kota Mojokerto. Termasuk dalam perhelatan Pemilu serentak yang diikuti lebih dari 500 kabupaten/kota dan provinsi pada tahun 2024 mendatang.“Saya titipkan kepada seluruh anggota Satlinmas Kota Mojokerto untuk ikut berperan aktif dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Pesta demokrasi harus berjalan dengan lancar dan kondusif agar kita bisa mendukung apa yang menjadi program di NKRI khususnya penyelenggaran pesta demokrasi yang dilaksanakan di wilayah Kota Mojokerto,” tutur Ning Ita.

Untuk mendukung pesta demokrasi nasional ini, Ning Ita menyampaikan bahwa tugas Satlinmas tidak hanya pada saat pemungutan suara, tetapi Satlinmas harus berperan serta dalam semua tahapan Pemilu sebagaimana Permendagri No 10 tahun 2009 tentang penugasan satlinmas dalam penanganan trantib dan keamanan penyelenggaran pemilu itu meliputi kegiatan sebagai berikut: pertama adalah persiapan, kedua adalah kampanye, ketiga masa tenang, yang keempat pemungutan suara, yang kelima penetapan hasil pemilu dan yang terakhir adalah penetapan perolehan jumlah kursi dan calon terpilih serta pengucapan sumpah janji.

“Mulai dari tahapan pertama sampai dengan tahapan keenam Satlinmas juga memiliki peran untuk menjaga ketentraman dan ketertiban sehingga semua tahapan berjalan denganlancar dan kondusif,” tegas wali kota perempuan pertama di Kota Mojokerto ini.

Disamping menjaga ketentraman dan ketertiban saat Pemilu, Ning Ita juga meminta anggota Satlinmas untuk bersinergi menjaga dan mengawasi fasilitas umum yang telah disediakan oleh pemerintah. Sehingga fasilitas umum yang telah dibangun dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat.

“Tugas kita bersama untuk saling menjaga, saling mengingatkan karena fasilitas umum adalah milik seluruh masyarakat, pemerintah menyediakan, tetapi menjaga, melakukan pengawasan adalah bagian dari tanggung jawab kita bersama. Mari seluruh Satlinmas juga ikut berperan aktfi menjaga fasilitas public yang telah disediakan oleh pemerintah,” pungkasnya.

Apel pengukuhan yang digelar sore tadi ditutup dengan yel-yel penuh semangat oleh anggota Satlinmas Kota Mojokerto. (inf/mjf/ram)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :