Inisiator Telusur Education Center, Pemuda Asal Kota Mojokerto Lolos Jadi Pelopor Tingkat Nasional

Didit Panji Saputra (28) pemuda dari Sinoman, Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto inisiator Telusur Education Center menjadi wakil Provinsi Jawa Timur dalam pemilihan Pemuda Pelopor tingkat nasional di bidang Pendidikan.

Salah satu tahapan dalam pemilihan pemuda pelopor adalah fact finding di kali Telusur yang dilakukan oleh tim juri dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Agus Prayitno yang didampingi oleh tim juri dari Dinas Kementerian Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur pada Selasa (4/9/2023).

Didit menjelaskan bahwa Telusur Education Center adalah sebuah komunitas yang menjadi penggerak dengan menerapkan tiga kurikulum yaitu soft skill dan hard skill, outing class, dan aksi lingkungan.

“Melalui kurikulum soft skill dan hard skill mendampingi anak-anak untuk belajar sesuai kurikulum sekolah juga hal lainnya seperti public speaking. Sedangkan untuk outing class dengan melakukan outbond di kali Telusur tanpa dipungut biaya. Dan kurikulum terakhir yaitu aksi lingkungan kami membelajari anak-anak bagaimana caranya mengelola sampah, memilah mana sampah yang masih bisa diolah menjadi produk daur ulang, sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang kita gunakan untuk eko enzim dan komposter,”terang Didit.

Menutup pelaksanaan fact finding tim juri dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bersama tim juri dari Dinas Kementerian Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Timur diterima oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari di Sabha Pambojana Rumah Rakyat dengan di dampingi oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Mojokerto Rachmi Widjajati serta Camat Kranggan Suharno.

Dengan terpilihnya Didit sebagai wakil dari Jawa Timur tentu Ning Ita sapaan wali kota sangat atas prestasi tersebut. “Semoga apa yang dilakukan Didit bisa menjadi semangat para pemuda, khususnya di Kota Mojokerto untuk membawa kemajuan di kota ini dan nantinya akan muncul pemuda-pemudi yang dapat memberikan dampak positif bagi warga Kota Mojokerto,” pungkas Ning Ita. (dskm/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :