Bersama Petani Kopi, Bupati Mojokerto Harap Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ekonomi kerakyatan. Kali ini, Bupati Ikfina berkesempatan hadir bertemu para petani kopi di Kecamatan Trawas dalam rangka tasyakuran bersama petani kopi.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ikfina berharap kopi khas Trawas dapat berkontribusi memajukan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Mojokerto.

“Saat ini kita bagaimana bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi di kalangan petani kopi. Kopi trawas ini pasarnya sudah ada, tinggal bagaimana kita bisa menambah produksinya. Untuk memenuhi permintaan pasar luar,” ujarnya, Minggu (18/6).

Bupati Ikfina menjelaskan, kopi merupakan salah satu komoditas yang tidak hanya dibutuhkan masyarakat lokal saja, tetapi menjadi salah satu komoditi yang dibutuhkan masyarakat dalam skala internasional.

“Kopi ini salah satu komoditi yang dibutuhkan masyarakat. Ini menjadi tantangan, bagaimana masyarakat bisa memanfaatkan potensi ini. Tinggal bagaimana kita memaksimalkan, lahan sudah ada, tinggal bagaimana petani bisa memperjuangkannya,” katanya.

Selain meningkatkan produksi Kopi Trawas untuk memenuhi permintaan pasar luar, Bupati Ikfina berpesan agar para petani kopi bisa terus menjaga kualitas Kopi Trawas.

“Kalau kita bisa menembus pasar internasional, maka paling penting selain meningkatkan produksi, adalah menjaga kualitas Kopi Trawas ini,” pesannya.

Tak hanya itu, Bupati Ikfina juga menambahkan, Kecamatan Trawas kini telah menjadi salah satu ikon pariwisata Kabupaten Mojokerto. Maka dari itu, Ia berharap agar seluruh sektor bisa mendukung Kecamatan Trawas agar bisa menjadi kawasan wisata yang lebih baik.

“Trawas ini menjadi salah satu ikon pariwisata Kabupaten Mojokerto, maka harus didukung dari segala sisi. Mari kita bersama-sama menjadikan Trawas sebagai salah satu destinasi wisata yang lebih baik. Tentunya ke depan, perlu ada pengembangan-pengembangan lagi yang perlu difikirkan,” tukasnya.

Agenda yang berlangsung di kebun Kopi Trawas ini pun mendapatkan apresiasi dari Bupati Mojokerto. Bupati Ikfina didampingi petugas Perhutani, Perangkat Desa Ketapanrame, Forkopimca Trawas serta petani kopi berkesempatan memetik secara langsung Kopi Trawas dari pohonnya. (dis/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :