Garap Proyek Pengelolaan Air, Jatim Jajaki Kolaborasi dengan Belanda

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sejumlah potensi kerja sama yang bisa dijalin antara Jatim dengan Belanda saat menerima kunjungan Deputy Chief of Mission and Head Economic Affairs Embassy of the Kingdom of the Netherlands HE Mrs Ardi Stoios-Braken. Antara lain terkait pengelolaan air, pariwisata, pertanian, peternakan, serta pendidikan dan penilitian.

Khofifah di antaranya menawarkan pengelolaan air di Sungai Welang dan Sungai Kalimas ahar fungsinya bisa lebih dimaksimalkan. “Maka saya menyampaikan bahwa Kalimas ini bersambung dengan Sungai Brantas. Kalau bisa dibangun wisata air, maka akan mengarungi Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto,” kata Khofifah, Rabu (5/4/2023).

Di sektor pariwisata, Khofifah menjabarkan, Jatim memiliki banyak destinasi potensial yang bisa dikerjasamakan dengan Belanda. Seperti gereja peninggalan Belanda di Malang dan Surabaya, ataupun Benteng Van den Bosch yang juga dikenal dengan nama Benteng Pendem Ngawi.

Khofifah mengakui kemajuan dan kekuatan manajemen air dari Pemerintah Belanda. Ia berharap, hal itu dapat dikerjasamakan di sektor pertanian dan peternakan di dengan Jatim, terutama untuk ternak sapi perah.(gk/maja)

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :