Resmikan Jalan Paving 3D Area Situs Kumitir, Bupati Mojokerto Minta Kultur Budaya Majapahit Melekat di Masyarakat

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati meresmikan secara langsung jalan paving 3 dimensi (3D) tematik yang berada di Desa Kumitir, Kecamatan Jatirejo, Minggu (19/3). Jalan paving 3D tematik ini merupakan salah satu jalan menuju area Situs Kumitir yang merupakan situs peninggalan Kerajaan Majapahit.

Pada kesempatan ini, Bupati Ikfina mengapresiasi kinerja Pemerintah Desa Kumitir yang telah berhasil merealisasikan pembangunan jalan tersebut. Pasalnya, Pemerintah Desa Kumitir hanya butuh waktu dua bulan untuk menyelesaikan jalan sepanjang 600 meter itu.

“Dulu pengajuannya memang jalannya minta dibeton, tapi ada pertimbangan lain, kami khawatir jika dibeton, di bawah tanah Desa Kumitir ini masih ada situs-situs peninggalan yang lain selain Situs Kumitir ini. Pengerjaan selama dua bulan ini menunjukkan bahwa Desa Kumitir serius melaksanakan amanah pembangunan,” ungkap Ikfina.

Bupati Ikfina berpesan, mengingat jalan ini adalah jalan paving 3D tematik yang membutuhkan perawatan, agar masyarakat juga turut menjaga dan merawat jalan tersebut. “Ini jalan untuk bersama, selain berfungsi hanya untuk jalan, ini bisa menjadi fungsi kegiatan meningkatkan ekonomi masyarakat. Maka dari itu, madi dijaga, dirawat bersama,” pesannya.

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto ini pun menyampaikan, dengan ditemukannya Situs Kumitir ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kumitir.

“Warga Desa Kumitir harus bersyukur, di desa ini ada Situs Kumitir dan mungkin juga ada situs-situs yang lain. Saya ingin warga Desa Kumitir mendapatkan kesejahteraan nantinya untuk kebangkitan ekonomi warga Desa Kumitir dengan memanfaatkan adanya situs peninggalan Kerajaan Majapahit ini,” harapnya.

Tak lupa, Bupati Ikfina pun meminta agar Pemerintah Desa Kumitir dan seluruh masyarakat bisa bekerjasama dalam membangun desa. Terutama menciptakan salah satu wisata edukasi mengingat terdapat situs peninggalan bersejarah di Desa Kumitir.

“Kultur budaya Majapahit harus melekat pada masyarakat Desa Kumitir. Saya berharap seluruh warga Desa Kumitir tidak patah semangat untuk membangun desa. Ini baru awal, mari kita semangat untuk bersama-sama membangun desa dan maju bersama,” pungkasnya.

Kehadiran Bupati Mojokerto dalam agenda Ruwah Desa Kumitir sekaligus peresmian jalan paving 3D tematik ini disambut hangat masyarakat Desa Kumitir. Bupati Ikfina didampingi Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekdakab Mojokerto serta Forkopimca Jatirejo juga tampak menikmati pagelaran seni budaya yang ditampilkan dalam agenda tersebut.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :