Ponorogo Bangun Monumen Reog yang Bakal Jadi Monumen Tertinggi di Indonesia

Sebuah ikon baru pariwisata dan budaya Jawa Timur (Jatim) yakni Monumen REOG dan Museum Peradaban (MRMP) akan dibangun di Kecamatan Sampung, Ponorogo. Rencananya ikon wisata baru tersebut ditarget bisa selesai pada 2024. Monumen itu nantinya disebut-sebut akan menjadi salah satu monumen tertinggi di Indonesia.

Proyek yang menelan anggaran Rp 90 miliar ini didanai APBD Ponorogo dan Pemprov Jatim. Dilihat dari masterplannya, MRMP akan menjadi bangunan monumental dan mengandung nilai legenda serta sejarah yang tinggi bagi kesenian reog. Hal itu disampaikan Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur.

Gubernur optimis MRMP bakal jadi ikon baru wisata Jatim. Sebab, selain bernilai sejarah dan budaya tinggi, monumen reog ini akan terkoneksi dengan destinasi andalan lainnya seperti Telaga Sarangan dan Tawangmangu.

Kawansan itu dilengkapi dengan biowale yang berguna sebagai daerah resapan air hujan. Tujuannya, untuk mengembalikan fungsinya sebagai kawasan lindung dan konservasi air. (gk/mjf/may)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :