Khofifah Targetkan 238 Juta Wisatawan Nusantara Kunjungi Jatim

Target besar di sektor pariwisata dicanangkan Pemprov Jatim. Selama tahun ini, perjalanan wisatawan Nusantara (wisnus) di provinsi paling timur Pulau Jawa ini ditargetkan bisa mencapai 238,8 juta.

Target itu bukan tanpa perhitungan. Selain pertumbuhan destinasi-destinasi potensial baru yang cukup pesat, Jatim menjadi provinsi dengan jumlah perjalanan wisnus tertinggi secara nasional pada 2020–2021.

Gubernur Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, jika berkaca pada tahun lalu, jumlah kunjungan wisnus ke Jatim mencapai 145 juta. ”Dengan dihapusnya pembatasan masyarakat akibat pandemi Covid-19, diprediksi jumlah kunjungan wisata tahun ini bakal naik,” katanya.

Selain itu, kata Khofifah, begitu banyak destinasi baru potensial di Jatim. Terutama desa wisata yang bisa menjadi objek alternatif bagi para wisatawan.

Salah satunya objek wisata Sentono Gentong, Pacitan. Destinasi itu menawarkan orkestra keindahan alam, sejarah, dan spiritual. ’’Tak cuma menyajikan wisata alam, Sentono Gentong juga merupakan spot paralayang,” kata Khofifah.

Selain itu, destinasi-destinasi andalan Jatim juga terus berbenah. Salah satu yang segera beroperasi adalah jembatan kaca Seruni Point di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Jembatan kaca Seruni Point akan menjadi tempat ikonik di BTS.

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :