Pecinta Kuliner Wajib Merapat, Intip Jajanan Khas Kota Mojokerto

Selain terkenal akan jajanan khas onde – onde, Kota Mojokerto ternyata juga dikenal dengan beberapa kuliner lain yang tidak kalah lezat, Kuliner lain yang menyuguhkan ciri khas makanan Kota Mojokerto diantaranya adalah sate, kerupuk hingga sambel wader yang cocok untuk disantap bersama keluarga.

Berikut makanan yang wajib kamu santap saat berkunjung ke Kota Mojokerto

Onde-Onde
Onde-onde merupakan makanan khas Mojokerto yang paling terkenal. Jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau atau kacang yang ditumbuk ini bisa ditemukan di banyak wilayah di Indonesia, termasuk Kota Mojokerto. Onde-onde bisa menjadi oleh-oleh khas  yang bisa dibawa untuk keluarga.

Sambel Wader
Makanan khas Mojokerto selanjutnya merupakan sambal, yaitu sambel wader. Sambal khas Mojokerto tidak boleh dilewatkan saaat berkunjung, terutama bagi pencinta makanan pedas. Makanan atau kuliner ini banyak ditemukan di Trowulan, Mojokerto.

Pembuatannya tidak begitu sulit, ikan wader yang telah dicuci bersih dicampur dengan bahan-bahan sambal, lalu digoreng sampai matang. Cocok sekali dilidah bukan?

Bubur Srunthul
Makanan khas Kota Mojokerto yang wajib dicicipi selanjutnya adalah bubur srunthul Bu Saudah. Bubur Srunthul ini terbuat dari tepung sagu yang diolah berbentuk bulat-bulat dan dinamakan sebagai Srunthul. Tekstur dari bubur ini yakni manis, legit, dan kenyal.

Di Mojokerto, bubur Srunthul Bu Saudah merupakan salah satu makanan ringan yang paling terkenal kenikmatannya. Sehingga sangat sayang untuk dilewatkan jika sedang berkunjung ke Mojokerto.

Kerupuk Rambak Mojokerto
Makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah kerupuk rambak. Kerupuk ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ataupun dimakan di jalan. Bahan baku pembuatannya adalah dari kulit sapi yang telah mengalami proses pengeringan terlebih dahulu.

Namun, sekarang ini kerupuk rambak juga dibuat dari berbagai bahan lainnya, seperti udang, ikan, hingga ketela pohon.

Sate Bangil
Sate bangil juga menjadi salah satu makanan khas Mojokerto yang banyak diminati. Sate bangil adalah sate daging kambing yang bisa memilih isi sate setiap porsinya sesuai dengan selera. Misalkan saja tanpa jeroan, atau tanpa lemak, dan lain sebagainya.

Sate bangil biasanya disajikan dengan bumbu kacang, irisan bawang merah, sambal kecap beserta lalapan. Salah satu sate bangil yang paling terkenal di Mojokerto yakni sate bagil Bang Soleh. Di tempat ini biasa buka mulai dari jam 9 hingga jam 10 malam. Tak hanya menyediakan sate bangil saja, namun kedai Bang Soleh juga menyajikan berbagai menu olahan daging kambing lainnya seperti gulai kambing, sop kambing, kambing gulai, hingga nasi kebuli.(gk/maja)

 

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :