Tol KLBM Akan Terkoneksi Dengan Tol Sumo

Jelang liburan natal dan tahun baru (Nataru) 2022, pengguna jalan yang memanfaatkan tol Krian, Legundi, Bunder, Manyar (KLBM) segera terkoneksi dengan Tol Sumo (Surabaya-Mojokerto).

Dirut PT Waskita Bumi Wira (WBW), Moch.Cholis Prihanto menuturkan, sebelum tersambung ke Tol Sumo pihaknya menanam 5 ribu pohon di sepanjang ruas Tol Krian-Gresik. “Nantinya secara bertahap penanaman pohon ini akan bertambah di Tol KLBM,” tuturnya, Minggu (4/12/2022).

Ia menambahkan, penanaman ribuan pohon itu juga menyambut konektivitas ramp penghubung Tol KLBM ke Tol Sumo. “Saat ini, ramp 2 dan 8 yang menghubungkan Gresik-Mojokerto serta ramp 4 dan 5 yang memghubungkan Gresik-Surabaya proses konstruksi sudah selesai. Kami dari pihak PT WBW tinggal menunggu proses sertifikasi layak operasi (SLO),” imbuhnya.

Menurut Moch. Cholis, memang ramp penghubung ke Tol Sumo bangunannya sudah terlihat. Bahkan, junction pun juga sudah selesai dikerjakan. Tapi, akses ke sana masih dalam penutupan road barier. Ini karena memang ruas tersebut belum dibuka.

Kendati demikian, lanjut dia, ruas Tol KLBM yang menuju ke Tol Sumo akan dibuka dalam bulan Desember 2022 Hal itu dikarenakan untuk mendukung akses transportasi pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. “Harapan kami saat libur Nataru bisa dioperasikan. Sehingga, sebelum 25 Desember 2022, pengguna jalan bisa memanfaatkan akses jalan tol tersebut,” ujar Moch. Cholis.

Keempat ramp tersebut, kata dia, akan dibuka secara bersamaan. Estimasinya sebelum 25 Desember mendatang. “Semua sudah siap, tinggal menunggu SLO saja,” katanya menegaskan.

Sebelum tol KLBM terhubung ke ruas Tol Sumo. Para pengendara dari arah Gresik tidak bisa langsung ke Tol Sumo. Begitupun sebaliknya. Namun, ketika ramp ini sudah dibuka, akses dari Tol KLBM ke Tol Sumo bisa terkoneksi. Sehingga, arus transportasi pada libur Nataru bisa mendukung mobilitas transpotasi darat.(gk/maja)

 

 

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :