Nyi Ike Nur Kumalasari Dapat Penghargaan Dalang Muda Tingkat Provinsi 2022

Nyi Ike Nur Kumalasari dari Sanggar Budaya Candra Siswa Dawarblandong mendapat penghargaan pada Festival Dalang Muda tingkat Provinsi Jawa 2022 di Kabupaten Blitar, 7-9 November 2022. Ajang tersebut digelar Dinas Kebudayaan Pariwisata Provinsi Jawa Timur.

Meski tampil mandiri dan menjadi satu satunya dalang wanita, Nyi Ike Nur Kumalasari mampu memberikan prestasi yang terbaik sebagai 10 penyaji dalang terbaik dan 5 penggarap lakon terbaik. Pimpinan Sanggar Budaya Candra Siswa Dawarblandong Sriyono mengatakan, sejak 2014, Nyi Ike Nur Kumalasari adalah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto. Bahkan, pada 2015 pernah menjadi juara nasional Dalang Bocah.

Dia mengaku bangga dengan capaian siswanya di ajang festival dalang muda ini. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto yang membantu pada Parade Dalang Muda Tingkat Provinsi Jawa 2022 di Kabupaten Blitar. ’’Saya bangga pada prestasi siswa ini. Dan, alhamdulilah berhasil mendampingi serta mengarahkan bakatnya hingga dapat memperoleh penghargaan tingkat provinsi,’’ jelasnya.

Pihaknya pun berharap, Ni Ike Nur Kumalasari dengan serius menggeluti seni dalang wayang kulit yang penuh pesan luhur tersebut. Ke depan, dirinya juga berharap prestasi ini dapat ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi yakni event tingkat nasional. ’’Harapan saya, ke depan prestasi tidak berhenti sampai di sini. Terus belajar, raih prestasi yang lebih tinggi di tingkat nasional,’’ tambahnya.

Nyi Ike Nur Kumalasari mengaku siap berkompetisi dan membawa nama baik Kabupaten Mojokerto Tingkat Nasional. Menurutnya, dengan menekuni seni dalang, memberikan ruang ekspresi bagi milenial khususnya siswa. Ini sangat penting, agar milenial mengenali wayang dan menjaga kelestariannya dari zaman ke zaman.

’’Alhamdulillah kita berhasil mendapat penghargaan pada festival dalang muda tingkat Provinsi Jawa 2022 di Kabupaten Blitar. Semoga ini bisa berlajut hingga tingkat nasional,’’ ujar Nyi Ike. (gk/maj)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :