BKSDA Diterjunkan untuk Buru Monyet di Kota Mojokerto

Petugas gabungan BKSDA Jawa Timur bersama Damkar Kota Mojokerto, BPBD, KBS Surabaya diterjunkan dalam memburu monyet ekor panjang lingkungan Miji Baru II, Kelurahan Miji, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Monyet ekor panjang yang sejak Minggu tengah berkeliaran di rumah padat penduduk itu kini tengah menjadi buruan petugas.

Fajar Duwi Nur Adi Pengendali Ekosistem Hutan Bksda Jatim mengatakan, pemburuan terhadap moyet ekor panjang ini dilakukan setelah adanya aduan dari masyarakat. Untuk itu, Rabu (12/10/2022) siang pihaknya bersama petugas KBS dibantu Satpol PP Kota Mojokerto dan warga mulai mencari keberadaan moyet tersebut.

“Kalau laporan dari warga moyet ini sebenarnya tidak menggangu tapi biasanya berada di atas dan kadang mengambil buah-buahan untuk itu ini kita tengah memantau untuk segera kita evakuasi,” ungkapnya.

Dia berujar, moyet ekor panjang yang tengah berkeliaran secara liar ini bisa membahayakan, terlabih saat moyet tersebut merasa terganggu.

Untuk itu, saat ini petugas tengah memantau pergerakan moyet tersebut dan mencari cara untuk bisa mengevakuasi moyet tersebut.

Terlebih keberanian moyet tersebut berada di antara pemukiman sehingga menyulitkan petugas yang akan mengevakuasi moyet tersebut.

“Moyet ini keberadaannya berpindah-pindah terus sangat lincah sehingga ini cukup menyulitkan terlebih ini berada di pemukiman,” bebernya.

Nantinya jika keberadaan moyet tersebut ditemukan petugas akan berusaha membius satwa tersebut dan selanjutnya akan di evakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Ini akan kita pantau terus keberadaannya, termasuk kita berusaha membius satwa tersebut agar bisa di evakuasi,” tandasnya. (fad/gk)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :