Pabrik di Mojokerto Ludes Terbakar, Ternyata Ini Penyebabnya

Kebakaran di PT Prodina Jawara Grup di Mojokerto. (foto : Dok Warga Jatirowo)

MOJOKERTO – Kebakaran hebat melanda pabrik penggilingan tongkol jagung PT Prodina Jawara Grup yang di Desa Jatirowo, Dawarblandong, Mojokerto. Sedikitnya 10 unit mobil PMK dikerahkan untuk memadamkan api.

Informasi yang dihimpun majamojokerto.net, kebakaran terjadi sekitar pukul 12.00 WIB siang di saat hembusan angin yang cukup kencang sehingga membuat api begitu cepat membesar dan melahap bangunan pabrik hingga ambruk. Ditambah lagi, di dalam pabrik juga berisi bahan-bahan yang mudah terbakar.

Djoko Soepangkat, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, luas area yang terbakar di pabrik tersebut cukup luas, sekitar 3.000 meter persegi. “Kebakarannya cukup luas, yang terbakar itu bangunan pabrik, bahan baku, serta alat-alat produksi,” ungkapnya.

Djoko Soepangkat juga mengatakan, petugas mengalami kesulitan untuk melakukan pemadaman. Karena bangunan pabrik sudah ambruk sehingga dibutuhkan bantuan alat berat. Selain itu, juga banyak bahan yang sangat mudah terbakar.

Sementara mengenai penyebab kebakaran, kata Djoko, diduga api berasal dari kebun tebu di sebelah pabrik. Lalu, api menjalar dan membakar tongkol jagung yang sudah kering di pabrik tersebut kemudian api semakin membesar dan membakar bangunan pabrik.

Sekedar informasi, PT Prodina selama ini hanya menggiling tongkol jagung yang sudah dikeringkan dan menghasilkan produk gilingan tongkol jagung saja, sehingga mudah terbakar.(tim/zac)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :