Basarnas Diterjunkan Cari Mahasiswa Asal Pasuruan yang Hilang di Bukit Krapyak

Badan SAR Nasional (Basarnas) Surabaya diterjunkan dalam proses pencarian seorang mahasiswa yang hilang saat berkemah di kawasan wisata Bukit Krapyak, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Hingga kini asal Pasuruan itu belum ditemukan.

Basarnas rencananya akan mulai proses pencarian hari ini Rabu (14/09/2022) bersama 70 lebih petugas gabungan untuk kembali melakukan penyisiran keberadaan Raffi Dimas Baddar (20) warga Desa Pekoren RT2/RW6, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan.

Komandan Tim Basarnas Surabaya, Octavino mengatakan, proses pencarian akan dimulai hari ini setelah sejumlah tim dari Basarnas Surabaya melakukan pemetaan dan asesmen.

“Kita sudah melakukan pemetaan dan asesmen untuk prose pencarian,” ungkapnya saat ditemui di posko Pacet, Rabu (14/09/2022).

Dia berujar, telah melakukan asesmen dan mengumpulkan data kondisi geografis
terutama di lokasi korban hilang untuk kepentingan proses pencarian di kawasan Bukit Krapyak.

Hal ini digunakan untuk acuan misalnya membagi personel atau Sru (Search and Rescue Unit) di titik-titik tertentu yang sudah dipetakan dalam upaya pencarian korban tersebut.

Dalam proses pencarian kali ini, pihaknya juga turut melibatkan petugas gabungan dari TNI/Polri, Perhutani BKPH Pacet, Polhut Tahura, pengelola wisata, komunitas Pecinta Alam Padusan, LMDH Pesona Alam lestari dan sejumlah relawan seperti LPBINU, Welirang Community serta warga setempat.

“Tim Basarnas ada tujuh orang untuk saat ini kita laksanakan asesmen dulu yakni perkiraan hilangnya korban, perkiraan target atau korban ini berada dan nantinya rekan-rekan yang disini kita bagi berapa Sru yang sudah ditentukan untuk pencarian,” bebernya.

Sesuai dengan SOP akan melakukan pencarian selama tujuh. Sehingga pencarian yang dilakukan Tim Basarnas saatini terhitung hari pertama.

“Sesuai SOP tujuh hari pencarian dan untuk dari Basarnas karena baru berangkat hari ini maka kita hitung hari pertama,” tandasnya.

Sebelumnya, seroang pendaki dikabarkan hilang saat melakukan camping di bukit Krapyak Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokarto.

Belum diketahui pasti penyebab hilangnya seorang pemuda bernama Raffi Dimas Baddar, (20) warga Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan
tersebut. Hingga kini petugas gabungan tengah melakukan pencarian.

Korban yang diketahui seorang mahasiswa ini dikabarkan hilang sejak Minggu (11/09/2022) siang. Sebelum dinyatakan hilang, korban sempat bermalam di area perkemahan bukit Krapyak bersama 10 rekannya.

Informasi Informasi yang berhasil diperoleh,
Korban Raffi bersama 10 orang rekannya masuk ke loket kawasan perkemahan tersebut sejak Sabtu (10/09//2022) sekitar pukul 18.30 WIB. Di petak 24C RPH Claket BKPH Pacet KPH Pasuruan itu mereka melakukan camping.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :