Jalur Prestasi Lomba Sepi Peminat, Dispendik : PPDB Jenjang SMP Dibuka Tiga Jalur

Hari ini PPDB jenjang SMP tahap kedua yang meliputi jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua (PTO), dan prestasi lomba diumumkan. Jumlah pendaftar jalur afirmasi paling mendominasi sedangkan jalur PTO dan prestasi lomba sangat minim pendaftar.

Seperti yang terpantau pada laman ppdb.kabmojokerto.id tadi malam (1/7). Dari 41 sekolah, tinggal 10 sekolah yang belum terpenuhi pagu jalur afirmasi. Pada jalur perpindahan tugas orang tua baru satu lembaga yang sudah terpenuhi. Sedangkan, pada jalur prestasi lomba nyatanya belum ada satu pun lembaga memenuhi pagu.

’’Karena lihat peluangnya kan kuota terbesar ada di jalur afirmasi. Otomatis, ini berimbas pada keterisian pagu di dua jalur lainnya,’’ ujar Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Mojokerto Mujiati.
Meski begitu, Mujiati melanjutkan, jalur tahapan kedua akan ditutup sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Lalu, hasil seleksi akan diumumkan hari ini pada pukul 08.00 secara online. Kemudian, siswa yang sudah terdaftar dari masing-masing jalur wajib melakukan pendaftaran ulang. ’’Sebab, kalau tidak pendaftaran ulang ya otomatis namanya langsung hangus,’’ sebut dia. Pendaftaran ulang sendiri akan dilaksanakan mulai hari ini hingga 4 Juli mendatang secara online.

Lebih lanjut, Mujiati menuturkan, siswa yang tak lolos wajib melanjutkan ke pendaftaran tahap selanjutnya. Yakni di jalur zonasi dengan kuota sebesar 50 persen. ’’Untuk zonasi baru akan dibuka pada Selasa (5/7) besok,’’ tuturnya.

Perlu diketahui, PPDB SMP di Kabupaten Mojokerto sudah dimulai sejak 23 Mei lalu. Jalur pertama yang dibuka yakni peringkat rapor dengan kuota 20 persen. Total pagu yang tersedia di jalur ini yakni 1.705 pendaftar. Namun, hanya 10 sekolah yang berhasil memenuhi pagu dengan jumlah pendaftar 1.330 orang. Sehingga, masih menyisakan 375 bangku kosong di 31 SMP Negeri.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :