PPDB Madrasah di Kabupaten Hanya Tersisa Jalur Reguler

Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) madrasah di kabupaten masih berlangsung hingga awal Juni nanti. Namun, hanya jalur reguler yang masih tersisa.

Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Kabupaten Ama Noor Fikry mengatakan, hingga kini proses PPDB di madrasah masih berlangsung. Terdapat dua jalur yang disediakan. Yakni prestasi dan reguler. Untuk jalur prestasi sudah ditutup akhir April lalu. “Yang tersisa hanya jalur re guler, yang prestasi sudah ditutup akhir bulan lalu,” ujarnya.

Fikry menuturkan, dari jalur prestasi itu, belum semua madrasah memenuhi pagunya. Hanya sekolah favorit saja yang sudah terpenuhi. Seperti MAN 1 dan MAN 2, serta MTs Negeri 2 Mojokerto. Sisanya belum dapat memenuhi pagu.

“Se perti yang di MTs Negeri 4 itu belum sama sekali terisi untuk jalur prestasi, karena juga terbentur geogra fisnya mungkin,” papar dia.

Masih kata Fikry, untuk jalur reguler bakal dibuka hingga 2 Juni nanti. Baik di tingkat MI, MTs hingga MA. Adapun, persyaratan untuk jalur reguler hampir sama dengan jalur prestasi. Namun, khusus untuk jalur reguler, siswa wajib mengikuti tes tulis untuk seleksi. “Kalau jalur prestasi kan harus setor nilai dan sertifikat kejuaraan, yang reguler cukup nilai akhir dan ikut tes tulis,” ungkapnya.

Disinggung terkait jalur lainnya, Fikry mengaku hingga tahun ini belum ada penambahan jalur PPDB. Bahkan, di madrasah hingga kini belum ada penyediaan jalur afirmasi. Selain itu, jalur inklusif khusus anak berke butuhan khusus (ABK) juga ma sih belum dibuka. Pasalnya, hingga kini masih belum ada lembaga yang mendapatkan persetujuan untuk membuka madrasah inklusif.

“Meski di juknis sudah menyebutkan tahun ini PPDB harus menyisihkan kuota 10 persen untuk ABK, tapi kita belum membuka karena tidak ada lembaga yang memenuhi persyaratan sebagai madrasah inklusif. Begitu pula jalur afir masi belum berlaku di PPDB tahun ini,” tandasnya.

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :