Parenting Education SMPN 1 Sooko, Bupati Mojokerto Tuturkan Bagaimana Jadi Orang Tua Hebat di Era Digitalisasi

Dalam rangka mewujudkan orang tua dan wali murid yang hebat di Bumi Majapahit, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri dan menjadi narasumber pada acara Parenting Education yang digelar di SMPN 1 Sooko, Rabu (4/9) pagi.

Pada acara yang diikuti oleh para orang tua dan wali murid SMPN 1 Sooko itu, Bupati Ikfina menegaskan bahwa orang tua merupakan guru pertama bagi anak-anak, karena segala sesuatu yang dipelajari oleh anak pada masa awal hidupnya, semuanya bergantung dari perawatan orang tuanya masing-masing. Bak kata pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, apa yang dilakukan oleh orang tua, sedikit banyak juga akan menurun kepada buah hatinya. Oleh karena itu Bupati Ikfina mengatakan bahwa demi mewujudkan putra dan putri bangsa yang hebat, maka terlebih dahulu orang tuanya harus menjadi hebat.

“Kalau kita menginginkan anak kita menjadi anak yang hebat tidak akan tercapai kalau orang tuanya belum hebat terlebih dahulu, karena orang tua merupakan guru pertama bagi anak-anak,” tegasnya.

Bupati perempuan pertama di Mojokerto itu juga menghimbau kepada para orang tua yang hadir agar tidak segan-segan untuk memberikan pujian kepada anak-anaknya masing-masing. Ia menjelaskan bahwa pujian dari orang tua merupakan salah satu bentuk apresiasi dan pengakuan kepada si anak, sekaligus juga sebagai salah satu bentuk doa agar kelak mereka tumbuh seperti yang diinginkan melalui pujian-pujian para orang tua.

“Kapan terakhir kita memuji anak kita? Pujian itu yang pertama adalah pengakuan untuk anak kita, yang kedua (pujian) adalah sebuah doa,” terangnya.

Bupati Ikfina melanjutkan, bahwa sebagai sesama orang tua Ia mengajak agar senantiasa belajar dan berbenah diri untuk menjadi orang tua yang baik, Ia juga menambahkan bahwa untuk mengukur keberhasilan menjadi orang tua yang hebat bisa diketahui dengan seberapa nyaman anak dengan orang tuanya. Apabila hal tersebut belum tercapai, maka ikhtiar sebagai orang tua harus ditambah lagi terlepas dengan bagaimanapun kondisinya.

Di akhir sesinya, Bupati yang juga berperan sebagai Bunda PAUD Kabupaten Mojokerto itu kembali mengingatkan agar para orang tua menjalankan perannya dalam keluarga dengan sepenuh hati, supaya anak-anak calon penerus bangsa ini bisa tumbuh dan berkembang dengan baik lantaran adanya figur yang dapat dijadikan panutan dan selalu ada untuk mereka.

“Menjadi orang tua hebat adalah bagaimana kita menjadi sebenar-benarnya orang tua, yang menjalankan semuanya dengan hati, kita tidak perlu hebat bagi semua anak, cukup kita menjadi hebat untuk anak kita masing-masing,”

Tampak yang turut hadir pada giat Parenting Education SMPN 1 Sooko adalah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Camat Sooko bersama Forkopimca Sooko, dan Kepala Sekolah selaku penyelenggara acara tersebut. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :