Program Bulik Soimah Desa Pacet, Bupati Mojokerto Himbau Masyarakat Bijak Kelola Ekonomi

Ikfina Fahmawati, Bupati Mojokerto menghimbau kepada para anggota PKH (Program Keluarga Harapan) agar bijak dalam mengelola ekonomi di lingkup keluarga.

Himbauan tersebut diutarakan pada saat program Bulik Soima (Bupati Tilik Deso Mirsani Masyarakat) di Desa Pacet Kecamatan Pacet, Rabu (3/7) pagi.

Menurut Bupati Ikfina, manajemen ekonomi di dalam lingkup keluarga harus diatur dengan benar. Para keluarga diharapkan agar bijak dalam mengatur prioritas antara kebutuhan dan keinginan.

“Pastikan membeli (belanja) untuk kebutuhan, jadi kita harus bijak, mana yang harus didahulukan,” Ujarnya.

Bupati Perempuan Pertama di Mojokerto itu juga menganjurkan agar para warga PKH bisa memanfaatkan potensi-potensi yang dimiliki agar bisa bernilai ekonomis, misalnya saja pemanfaatan pekarangan rumah sebagai media budidaya tumbuhan pangan.

“Manfaatkan potensi-potensi yang ada di sekitar kita misalnya, pekarangan bisa ditanami sayur atau empon-empon, itu nanti bisa dijual atau untuk dibuat kebutuhan sendiri,” Jelasnya.

Selain himbauan ekonomi, Ikfina juga mengingatkan warga PKH yang hadir agar senantiasa menjaga kesehatan, salah satunya dengan memperhatikan porsi makanan.

Bupati yang bergelar dokter tersebut menjelaskan tentang ‘Isi Piringku’ yang merupakan pedoman yang disusun oleh Kementerian Kesehatan untuk mengampanyekan konsumsi makanan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Pada pedoman isi piringku tersebut, satu porsi atau satu piring makanan dibagi menjadi tiga komposisi, yaitu sepertiga nasi/ makanan pokok, sepertiga sayur dan sepertiga yang terakhir berisikan lauk dan buah.

“Sekali kita makan, satu piringnya itu kita bagi jadi 3 bagian, sepertiganya itu nasi (100 gram), sayur jumlahnya sama dengan nasi, yaitu sepertiga piring, sepertiga yang terakhir diisi dengan lauk dan buah,” Tandasnya.

Tampak yang turut hadir pada program Bulik Soimah desa Pacet adalah, Camat Pacet beserta Forkopimca Pacet, Kepala Desa Pacet, Perwakilan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto, dan Para Pembina PKH Pacet. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :