Wujudkan Sekolah Sehat, Bupati Mojokerto Imbau SD Terapkan Trias UKS 

Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto terus mendorong sekolah dasar (SD) negeri maupun swasta di Bumi Majapahit untuk mewujudkan sekolah sehat, sehingga Ia mengimbau agar seluruh SD di Bumi Majapahit menerapkan Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Hal tersebut disampaikan Bupati Ikfina ketika menghadiri pembinaan UKS dari 105 SD negeri dan swasta yang berlangsung di aula Aston Mojokerto Hotel & Conference Center, pada (25/6) siang.

“Jadi Trias UKS ini komponennya satu adalah pendidikan kesehatan, komponen kedua pelayanan kesehatan, komponen ketiga pembinaan lingkungan hidup,” ujar Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina juga mengatakan, bahwa pelaksanaan UKS di sekolah merupakan salah satu bagian dari pendidikan karakter, sehingga harapannya kedepan anak dapat mengusahakan kesehatannya secara mandiri.

“Kesehatan itu harus di ikhtiarkan, bahwa kesehatan itu rezeki tapi harus dijemput, tidak datang dengan sendirinya, maka pendidikan UKS ini adalah cara kita mendidik karakter anak-anak kita supaya anak ini mampu untuk mengupayakan kesehatan untuk dirinya sendiri,” jelasnya.

Selain itu, alasan utama dalam mewujudkan sekolah sehat yaitu setiap daerah telah ditarget oleh pemerintah nasional untuk mencapai strata paripurna sebesar 70 persen.

“Program UKS ini di target oleh pusat bahwa di akhir 2024 ada persentase dari seluruh lembaga pendidikan itu harus rata-ratanya paripurna 70 persen,” ujarnya.

Sehingga untuk mencapai target strata paripurna, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto meminta agar pembina UKS sekolah segera memenuhi persyaratan untuk mencapai strata paripurna.

“Jadi pembina UKS harus tahu kondisi sekarang standar itu seperti apa, dari stratanya itu apa yang harus ditingkatkan kemudian di report kepada kepala sekolah kemudian ditentukan ini mau dilaksanakan dalam jangka waktu berapa lama untuk mencapai tujuan,” bebernya.

Bupati Ikfina juga mengharapkan, dengan dilaksanakannya pembinaan ini dapat menyukseskan berbagai program sekolah dan meningkatkan kesehatan para siswa.

“Mudah-mudahan pertemuan kita dari bagian dari ikhtiar kita melaksanakan tugas kita dalam mendidik dan mengasuh anak-anak di lembaga masing-masing,” harapnya. (dskm/gk/mjf)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :