Truk Angkut 562 Tabung LPG 3Kg Di Sumenep Terbakar

Sumenep – Sebuah truk berisi 562 tabung elpiji terbakar di Desa Bluto, Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Rabu (25/1/2023). Seluruh tabung ludes dilalap si jago merah.
“Truk pengangkut elpiji itu terbakar saat dilakukan pengelasan jeruji besi bak truk,” kata Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti.

Peristiwa nahas itu berawal ketika truk nopol M 8521 VD milik PT Multi Gas Sapeken Jaya yang dikemudikan Miftahol Arifin (33), warga Desa Mandala, Kecamatan Gapura, dengan kernet Rasid (31), warga Desa Aengbaja Kenek Kecamatan Bluto sedang melakukan pengisian gas elpiji di SPBE Mitra Madura Dharma Abadi Jl. Raya Sumenep -Pamekasan, Dusun Nang-Nangan Desa Saronggi Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. Pengisian dilakukan untuk 562 tabung gas elpiji 3 kg.

Setelah selesai melakukan pengisian, truk berangkat menuju pangkalan ke Desa Lenteng Barat, Kecamatan Lenteng melewati jalur Bluto – Lenteng. Namun sebelum ke pangkalan, truk mampir ke bengkel las listrik, di Dusun Bara’ Lorong Desa Bluto.

Di bengkel ini, truk dilas pada besi kenalpot, kemudian dilanjutkan ke engsel pintu bak belakang sebelah kanan, dan pengelasan dilanjutkan ke besi jeruji bagian atas sebagai penutup dan pengaman tabung. “Saat mengerjakan pengelasan di bagian jeruji atas itu, tiba-tiba terdapat percikan api yang bersumber dari tabung di bagian tumpukan belakang sebelah kanan,” ungkap Widiarti.

Api pun dengan cepat membesar. Karena itu, sopir truk tersebut spontan memindahkan truk ke sebelah barat bengkel agar api tidak segera menjalar ke bengkel. Dalam waktu 1 jam berikutnya, seluruh tabung gas yang diangkut truk itu ludes terbakar. Empat mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan untuk memadamkan api. “Setelah hampir 3 jam, api berhasil dipadamkan dan dipastikan tidak ada titik api yang masih menyala,” terang Widiarti.

Setelah api padam, seluruh tabung gas elpiji diturunkan dari truk yang terbakar dan dipindah ke truk lain. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Tapi ada 1 sepeda motor Yamaha Mio warna biru nopol M 4544 V terkena imbas panas kebakaran karena dekat dengan lokasi kejadian.
“Akibatnya tebeng sepeda motor meleleh terkena imbas panas kebakaran. Sedangkan kerugian akibat akibat terbakarnya ratusan tabung elpiji itu mencapai Rp 600 juta,” papar Kasi Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti(gk/maja)

Pedagang Tambah Stok Buah di Tengah Meningkatnya Permintaan Saat Ramadan

Baca juga :