Tahukah Anda Jika Flu dan Pilek itu Berbeda?

Cold And Flu. Portrait Of Ill Woman Caught Cold, Feeling Sick And Sneezing In Paper Wipe. Closeup Of Beautiful Unhealthy Girl Covered In Blanket Wiping Nose. Healthcare Concept. High Resolution

Sekilas banyak orang beranggapan kalau keduanya saling terkait atau bahkan sama. Apa beda flu dan pilek?

Satu kesamaan antara keduanya adalah sama-sama disebabkan oleh virus. Meski demikian, virusnya juga berbeda. Bagi orang-orang yang punya kekebalan tubuh rendah atau punya komorbid, influenza bahkan bisa mematikan.

Piprim Basarah Yanuarso Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dokter spesialis anak menjelaskan, influenza dan batuk pilek selesma atau common cold merupakan penyakit yang berbeda meskipun sama-sama disebabkan oleh virus.

“Influenza penyakit yang disebabkan virus influenza, seperti selesma tapi lebih berat,” kata Piprim kepada Antara.

Gejala influenza atau flu biasanya terdiri dari ngilu dan demam, mirip dengan selesma. Sementara itu, selesma adalah batuk dan pilek yang disebabkan adanya perubahan cuaca.

“Biasanya ringan, meler saja,” ujar dia.

Flu bisa menyerang orang-orang dari rentang usia berbeda, mulai dari anak-anak hingga lansia. Virus ini biasanya rentan menyerang usia balita dan lansia. Untuk melindungi diri dari influenza, ada vaksinasi influenza yang bisa diberikan kepada bayi sejak berusia 6 bulan.

Bagaimana dengan pilek? Apa beda flu dan pilek?

Serupa dengan influenza, pilek selesma bisa dialami semua orang. Mengutip CDC, Jika flu hanya disebabkan oleh virus influenza, sedangkan pilek dapat disebabkan oleh sejumlah virus yang berbeda, termasuk rhinovirus, parainfluenza, dan virus corona musiman.

Gejala pilek biasanya lebih ringan daripada gejala flu. Pilek biasanya lebih ringan daripada flu. Orang yang pilek lebih cenderung memiliki hidung meler atau tersumbat. Pilek umumnya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Pilek umumnya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, seperti pneumonia, infeksi bakteri, atau rawat inap. Flu dapat memiliki komplikasi terkait yang serius.

Gejala flu dapat berupa demam atau rasa meriang/menggigil, batuk, sakit tenggorokan, hidung meler atau tersumbat, nyeri otot atau badan, sakit kepala, dan kelelahan (kelelahan). Gejala pilek biasanya lebih ringan daripada gejala flu.

Orang dengan pilek lebih cenderung memiliki hidung meler atau tersumbat. Pilek umumnya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius. Itulah beda flu dan pilek yang harus diketahui. (mya/gk/mjf)

Nekat Cabuli Anak Tetangga, Kakek asal Mojokerto Dituntut 6 Tahun Penjara

Baca juga :