Tumbuhkan Kepedulian Lingkungan Sejak Dini, Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk Ajak Siswa SD di Mojokerto Tanam Pohon

Dalam memperingati Bulan Menanam Pohon Nasional dan sebagai upaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini, maka Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk Wilayah Kerja (Wilker) Mojokerto menggelar kegiatan penanaman bersama melalui gerakan “Kecil Menanam Dewasa Memanen”.

Informasi yang dihimpun Maja FM, kegiatan itu dilakukan oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Nganjuk Wilayah Kerja (Wilker) Mojokerto bersama Pemerintah Desa Sugeng dan SD Sugeng 1, Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Yanti Penyuluh Kehutanan CDK Wilayah Nganjuk mengatakan, dalam kegiatan ini Penyuluh Kehutanan memberikan pemahaman tentang cara menanam bibit pohon yang baik dan benar. Selain itu juga diberikan edukasi terkait manfaat pohon sebagai penghasil oksigen yang dibutuhkan manusia untuk bernfas, mencegah terjadinya banjir hingga longsor.

“Seperti pohon besar yang tumbuh dari bibit, kepedulian terhadap lingkungan perlu ditanam sejak dini. Untuk itulah kami mengajak murid-murid SD menanam pohon sebagai pengenalan awal cinta lingkungan,” ungkapnya.

Dalam kegiatan penanaman ini diikuti sekitar ±75 orang, mulai siswa-siswi SD Sugeng 1, KTH Sumber Urip dan Pemerintah Desa Sugeng, Kecamatan Trawas. Bibit yang ditanam sejumlah 3.850 batang, yang terdiri dari Sengon, Mahoni, Jambu Biji, Sirsat, Durian dan Tabebuya.

Setelah kegiatan ini diharapkan kepedulian anak-anak akan lingkungan sekitar semakin meningkat. Termasuk pihak sekolah dan orang tua juga ikut menumbuhkembangkan rasa cinta lingkungan terhadap anak didik dan keluarganya. (zac/gk/mjf)

Baca juga :