Belum Tuntas Dibangun, Masjid di SMK di Mojokerto Ini Roboh

Sebuah bangunan masjid di area Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhamadiyah di Kota Mojokerto mendadak roboh. Bangunan yang masih dalam proses pembangunan itu roboh dan rata dengan tanah.

Dari pantauan Reporter Maja FM dilokasi, bangunan yang diperkirakan seluas 8×8 meter persegi itu rata dengan tanah. Kubah masjid berukuran sekitar 2×2 meter persegi sendiri sudah rata dengan tanah. Hanya dinding sebelah barat dan ruang imam sholat yang masih terlihat utuh.

Diperoleh keterangan di lokasi kejadian, insiden robohnya bangunan masjid yang masih dalam tahap pembangunan itu terjadi pada Rabu (01/12/2021) sekitar pukul 21.00 WIB.

Warga sekitar bernama Iwan mengatakan, pihaknya sempat kaget mendengar suara gemuruh yang bersumber di area SMK 1 Muhammadiyah yang ada di Jalan Surodinawan, Nomor 110, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Sebab, saat bangunan yang diketahui masih dalam tahap pembangunan ini mendadak roboh rata dengan tanah. Mulai dari atap yang terbuat dari genteng, kerangka atap dari kayu berserakan dimana-mana.

“Padahal tidak ada hujan atau angin saat runtuhnya bangunan yang baru 85 persen dikerjakan dalam satu bulan ini,” terangnya.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sebab saat bangunan yang diperuntukkan untuk masjid sekolah ini runtuh seketika tak ada aktivitas di sekitar lokasi.

“Kejadian persis kenapa saya gak tau, soalnya pas posisi saya didalam rumah mau istirahat. Sekitar pukul 21.20 WIB tadi malam. Anginnya gak ada, tau-tau roboh gitu saja semuanya,” terangnya.

Menurutnya, bangunan yang roboh yang sebenarnya akan digunakan sebagai tempat ibadah, memang diperuntukkan untuk masjid di Lingkungan SMK 1 Muhammadiyah. Sehingga bangunan masjid tepat disamping kelas dengan luas sekitar 8 meter persegi.

“Kebetulan untuk anak-anak SMK Muhammadiyah, dibangun disebelahnya SMK itu,” ucapnya.

Dirinya menyebut, tidak mengetahui pasti penyebab robohnya bangunan masjid di kompleks SMK Muhammadiyah Kota Mojokerto tersebut.

“Kalau penyebab tidak tau, yang jelas kemarin saat kejadian itu gak ada hujan dan angin. Dan bangunan masjid ini baru di bangun mulai satu bulan yang lalu,” tandasnya. (fad/gk/mjf)

Baca juga :