Polisi Dirikan Pos Check Poin di jalur Cangar-Pacet, Kendaraan Tak Layak Disuruh Putar Balik

Dalam mengantisipasi tingginya angka kecelakaan di jalur maut Cangar – Pacet yang disebabkan rem blong, Satlantas Polres Mojokerto membuat Pos Check Poin. Atau tepatnya dikawasan Rest Area Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, Pos Check Poin di jalur Cangar-Pacet bukan hanya sebagai tempat berisitirahat kendaraan sepeda motor maupun mobil, melainkan juga tempat untuk mengecek kendaraan. Bahkan polisi juga menyimpan mekanik dalam hal tersebut.

AKP Arpan Bachri Kasatlantas Polres Mojokerto mengatakan, dalam pendirian Pos Check Poin di jalur Cangar-Pacet Satlantas Polres Mojokerto menggandeng salah satu dealer mobil di Mojokerto untuk melakukan pengecekan kondisi mesin.

Hal ini tidak lain sebagai bentuk antisipasi petugas dengan tingginya angka kecelakaan di Jalur Cangar yang rata-rata disebabkan oleh rem blong.

“Tak jarang kecelakaan disini juga mengakibatkan fatalitas orang meninggal dunia,” ungkapnya.

Pos Check Poin ini didirikan guna mengantisipasi kecelakaan akibat rem blong terutama kendaraan sepeda motor maupun mobil yang melewati jalur Cangar-Pacet yakni dari Kota Batu menuju Kabupaten Mojokerto.

“Satlantas Polres Mojokerto mendirikan pos Check Poin di rest area Sendi (Pacet) guna menekan banyaknya angka kecelakaan lalu lintas di jalur Pacet-Cangar terutama kendaraan yang dari arah Kota Batu ke Mojokerto melalui Cangar,” ungkap, Senin (29/11/2021) saat dikonfirmasi.

Selain itu, pendirian pos Check Poin di rest area Sendi (Pacet) sebagai bentuk sosialisasi petugas dalam berkendara. Petugas juga turut membantu kendaraan yang mogok ketika melewati jalan alternatif Cangar-Pacet tersebut.

“Kegiatan pos Check Poin dilaksanakan hari Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 12 anggota Polri untuk rekayasa arus lalulintas dan empat teknisi yang berpengalaman¬† mengecek kondisi kendaraan,” jelasnya.

Banyak pengendara antre untuk memeriksa kendaraannya sebelum melewati tanjakan maupun turunan tajam di jalur Cangar-Pacet.

Masyarakat dapat memanfaatkan seluruh fasilitas pos Check Poin tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Banyak pengendara merasa terbantu untuk mengetahui kondisi kendaraannya sebelum melewati jalan tanjakan maupun turunan yang dapat memicu fatalitas kecelakaan,” ucap Arpan.

Menurutnya, jika ada kendaraan yang kedapatan tidak layak, maka akan diminta putar balik melewati jalur aman, untuk keselamatan pengguna jalan dan mengantisipasi potensi fatalitas kecelakaan akibat rem blong.

“Kendaraan yang tidak layak kita servis dan perbaiki di tempat, namun yang sudah tidak bisa diperbaiki akan di putar balik melalui rute yang lebih aman,” pungkasnya. (fad/gk/mjf)

Baca juga :