Sebuah Batu Besar Longsor di Jalur Cangar-Pacet

Sebuah batu dengan diamater -+120 cm longsor di tengah jalan alternatif Cangar-Batu, Sabtu (20/11/2021). Batu gunung tersebut jatuh dari ketinggian sekitar 25 meter dan menutup separo badan jalan.

Djoko Supangkat Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, batu dengan ukuran kurang lebih -+120 cm longsor disebabkan kondisi tanah yang basah dikarenakan hujan.

Ditambah lereng setinggi meter di jalur Pacet-Cangar tersebut tidak dilengkapi dengan penyangga atau plengsengan dan sangat membahayakan.

“Kontur tanah didataran tinggi area jalur cangar-pacet berupa bebatuan sangat bisa berpotensi rawan longsor bebatuan, sehingga kita meminta agar para pengendara selalu berwaspada,” bebernya.

Dia menjelaskan, batu yang longsor di tengah jalan terjadi sekitar pukul 07.30 WIB tersebut sempat menghambat dan menutup akses jalan Pacet-Cangar.

Saat ini batu besar diamater -+120 cm telah di evakuasi secara manual ke pinggir jalan oleh petugas TNI/Polri Petugas Tahura, Perhutani, Dinas PU di bantu warga serta sejumlah potensi relawan.

“Sudah dievakuasi dan jalan kembali lancar, kita meminta agar para pengendara sellau berwaspada jika melewati jalur Cangar, terlebih saat hujan datang,” tandasnya. (fad/gk/mjf)

Baca juga :