Home Industri Produksi Cor Aluminium di Kota Mojokerto Terbakar

Mojokerto – Sebuah home industri produksi cor aluminium UD Rosita milik Fatkhul Rozi di Lingkungan Balong Cangkring, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto terbakar. Dua mobil PMK diterjunkan untuk memadamkan api.

Dari data yang dihimpun Reporter Maja FM dilokasi kejadian, peristiwa tersebut terjadi pada Jum’at (15/10/2021) sekitar pukul 15.15 WIB ditengah proses produksi.

Galih Prastyo – pengawas home industri produksi cor aluminium mengatakan, insiden kebakaran ini setidaknya menghanguskan bangunan bagian produksi proses pembuatan alumunium seluas 10X10 meter persegi.

Lokasi bangunan yang terbakar merupakan lokasi produksi pembuatan cor aluminium untuk mencetak berbagai peralatan dapur juga kue.

“Kejadiannya itu terjadi saat proses produksi akan selesai, kalau nggak salah ada lima orang, kemungkinan karena human error,” jelasnya.

Sebab saat kejadian, diduga terdapat kelalaian dari para pekerja saat mengatur suhu api, yang kemudian tiba-tiba membesar lalu menghasilkan percikan api dan menyambar sambungan selang paralon yang berisikan solar bekas.

“Mungkin human error lupa matikan apinya lalu membesar, kemudian menyambar sambungan selang paralon karena kena panas meleleh lalu bocor lalu menyambar,” jelasnya.

Sontak, karena api terus membesar dan dikhawatirkan merembet ke bangunan lain, para pekerja pun berusaha semaksimal mungkin untuk berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Termasuk menyelematkan benda-benda yang bisa diselamatkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya saja mengakibatkan kerugian material mencapai belasan juta. “Kalau di tafsir mencapai 15 juta,” tegasnya.

Api baru bisa dipadamkan satu jam, setelah dua pemadam kebakaran dari PMK Kota Mojokerto diterjunkan ke lokasi kejadian.

Guna memastikan penyebab kebakaran, petugas kepolisian dari Polsek Prajurit Kulon dan Polres Mojokerto Kota turun ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. (fad/gk/mjf)

Baca juga :