COD Arak Bali, Ratusan Liter Miras Diamankan Anggota Sabhara Polresta Mojokerto

Ratusan liter minuman beralkohol tradisional jenis arak Bali berhasil diamankan oleh Anggota Satsabhara Polresta Mojokerto, Selasa (13/10/2021).

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, sebanyak 387 botol arak Bali siap edar itu diamankan dari pria berinisial LK (32) warga Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto di Jalan Surodinawan, Kota Mojokerto disaat melakukan COD (Cash On Delivery).

Bripka Suharmanto Kaur Tipiring Satsabhara Polres Mojokerto Kota mengatakan, penangkapan terhadap penjual miras ilegal ini dilakukan petugas di Jalan Surodinawan, Kota Mojokerto pada Senin (11/10/202) siang. Berawal saat petugas Satsabhara Polresta Mojokerto melakukan patroli cyber.

“Awal itu, termonitor di sosmed marketingnya, pelaku melakukan transaksi COD di Jl. Raya Surodinawan,” bebernya, Rabu (13/10/2021).

Usai mendapatkan informasi terbaru, petugas langsung bergerak dan mendapati seorang pengguna motor mencurigakan yang tengah melakukan transaksi.

“Saat kita hentikan dan kita periksa, ternyata dia ini tengah mengusung satu dus arak Bali,” terangnya.

Dari situ, petugas lalu melakukan pengembangan dan mendapatkan ratusan liter minuman beralkohol tradisional jenis arak Bali dibeberapa lokasi.

“Jumlah total ada 387 botol yang kita amankan, ratusan botol ini dikemas di botol beraneka ragam dan berbagai ukuran. Dan itu kita kembangkan di Jl. Gajahmada hingga ke Jombang, dan Surodinawan,” jelasnya.

Usai diamankan, pihak kepolisian langsung melakukan pendataan terhadap pedagang. “Untuk penjualnya kita berikan sanksi hukum tipiring sesuai dengan Perda Pasal 25 ayat 2 No. 2 Tahun 2015 tentang Pengawasan dan Pengendalian Minuman Beralkohol,” terangnya.

Sedangkan untuk barang bukti ratusan arak yang sebelumnya dikemas dalam botol air mineral siap edar, langsung diamankan ke Polresta Mojokerto untuk selanjutnya dimusnahkan.

“Ini masih kita kembangkan lagi untuk mencari penjual lainnya. Berdasarkan hasil pemeriksaan, minuman keras ini didapat
Langsung dari produsen Bali,” bebernya.

Dia menjelaskan, dari hasil pantauan sosial media (cyber troops) Polres Mojokerto Kota dan sesuai informasi masyarakat, bahwa wilayah Kota Mojokerto banyak beredar minuman keras jenis Arak Bali.

“Dari situ, kita selalu rutin melakukan surveillance diikuti dengan undercover buy terhadap diduga para pelaku. Setelah dipastikan kebenarannya, maka kita akan langsung tindak,” tegasnya.

Sementara itu, Ipda MK Umam Kasi Humas Polresta Mojokerto menambahkan, jika razia dan juga pengamanan patroli di wilayah hukum Polresta ini akan terus dilakukan guna terciptanya kondisi aman di tengah masyarakat.

Selain menyasar pedagang miras, operasi ini juga menyasar premanisme, narkoba, perjudian dan jenis penyakit masyarakat lainnya. “Ini masih kita kembangkan, untuk mencari para pelaku kejahatan lain yang meresahkan masyarakat,” tegasnya. (fad/and/mjf)

Baca juga :