Teguh Gunarko Dilantik Jadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mojokerto

Teguh Gunarko Kepala Disperta Kabupaten Mojokerto akhirnya dilantik jadi Sekdakab Mojokerto. Foto : (doc, Reporter Maja FM)

Ikfina Fahmawati Bupati Mojokerto akhirnya melantik Teguh Gunarko sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) definitif di Pendopo Pemkab Mojokerto, Senin (11/10/2021).

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, Teguh Gunarko yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Diperta) Kabupaten Mojokerto tersebut, akhirnya terpilih sebagai Sekda usai menyingkirkan lima peserta dalam Seleksi Terbuka (Selter) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) sistem rotasi mutasi.

Ikfina Bupati mengatakan, Teguh Gunarko didapuk menjadi Sekdakab sesuai rekomendasi dari Tim Pansel yang dilaksanakan secara terbuka dan objektif. Apalagi, Teguh masuk dalam kategori tiga terbaik dalam penilaian tersebut.

Ikfina juga mengatakan, Sekdakab mempunyai tugas dan fungsi pokok yang sangat penting, guna mendukung Kepala Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan. Selain itu, Sekdakab yang baru dilantik ini diharapkan mampu bersinergi dengan baik sekaligus membuat kebijakan.

“Fokus Sekdakab tidak terlepas dari RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) karena banyak pekerjaan yang harus segera selesai, kita dituntut untuk lebih cepat kolaborasi dengan baik. Terutama dalam peningkatan infrastruktur dan penguatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Mojokerto,” bebernya.

Pihaknya segera menyiapkan sosok pengganti jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mojokerto yang ditinggalkan Teguh Gunarko.

“Segera kita siapkan penggantinya, sebetulnya sudah berproses sejak kemarin sehingga tinggal melanjutkan saja,” jelasnya.

Sementara itu, Teguh Gunarko Sekdakab Mojokerto mengatakan, tugas Sekda sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014, yakni membantu Kepala Daerah dalam merumuskan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Kemudian, mengkoordinasikan jajaran OPD dalam rangka pelayanan administrasi pada Kepala Daerah.

“Tentunya, dalam waktu dekat kita akan membahas perubahan APBD 2021 yang sekaligus pembahasan ABPD Tahun 2022 dan tidak kalah pentingnya adalah penanganan pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Seperti diketahui, hampir sembilan bulan terjadi kekosongan pejabat definitif Sekdakab Kabupaten Mojokerto. Selama kekosongan itu, jabatan Pj Sekdakab diduduki Didik Khusnul Yakin yang merangkap sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto selama tiga bulan pada awal Januari 2021.

Kemudian, Pj Sekdakab Kabupaten Mojokerto dilanjutkan oleh Himawan Estu Bagijo yang merangkap jabatan sebagai Kadisnaker Provinsi Jatim, pada (5/4/2021) lalu.

Sebelumnya, ada enam pejabat eselon II yang saat itu ditunjuk untuk mengikuti seleksi Selter JPTP Sekdakab.

Mereka antara lain, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Mojokerto Mieke Juliastutik, Kepala Dinas Pertanian Teguh Gunarko, Kepala DPUPR Kabupaten Mojokerto Bambang Purwanto, Kepala Dinas Sosial Ludfi Ariyono. Kemudian, Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto dan Kepala DPMPTSP Kabupaten, Abdulloh Muhtar, pada 14-15 September 2021. (fad/and/mjf)

Baca juga :