Kotak Amal Mushala di Kota Mojokerto Dibobol Maling

Aksi pencurian di Kota Mojokerto kembali terjadi. Kali ini kawanan pencuri menyasar kotak amal di Musala Darul Irtiqo’ di Gang Gotong Royong, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari. Alhasil Infaq jamaah sekitar Rp 1 juta amblas.

Slamet Anwar, warga setempat yang juga takmir Musala Darul Irtiqo’ mengatakan, aksi pencurian kotak amal baru diketahui usai shalat subuh, (25/09/2021).

Saat itu kotak amal yang sebelumnya tergembok kunci hingga bagian kaki-kakinya terikat dengan rantai pengaman hilang hanya tinggal rantai. ”Ada bekasnya seperti dipotong tiga kali baru putus,” ungkapnya.

Menurutnya, dalam kejadian ini kotak amal berisi sekitar Rp 1 juta lebih. Infaq jamaah yang terkumpul di kotak amal biasanya diambil setiap akhir bulan.

Dia menduga pelaku lebih dari satu orang. Aksi pencurian dilakukan menggunakan alat pemotong. Kotak amal lalu dibawa kabur ke kawasan sepi.

”Jelas dibawa dulu. Karena kalau dipaksa dibobol disini bisa terdengar orang,” tambahnya

Tidak lama berselang usai diketahui dibobol kawanan maling, kotak amal ditemukan berjarak 2 kilometer dari tempat kejadian perkara (TKP). Tepatnya di kawasan Jalan Raya Ijen, Kelurahan Wates, Kecamatan Magersari, dalam kondisi kosong.

Menurutnya, sebelum kejadian, kegiatan jamaah berlangsung sampai tengah malam. Aksi pencurian diperkirakan terjadi sekitar pukul 01.00 hingga pukul 03.30 saat suasana sepi.

Meski demikian, pihaknya tak melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, kotak amal dipasang dengan pemangan dobel. Kaki-kaki dibaut dan gemboknya diperkuat.

”Sekarang dibaut dengan tembok musala. Semoga tidak hilang lagi,” tandasnya. (fad/and/mjf)

Baca juga :