Ekskavasi Tahap Empat Situs Kumitir Mojokerto, BPCB Fokus Pintu Gerbang Istana

Proses ekskavasi situs kumitir memasuki tahap empat. Saat ini BPCB Jawa Timur tengah fokus menampakkan sisi gerbang istana Bhre Wengker yang merupakan raja keempat Majapahit.

Wicaksono Dwi Nugroho Ketua Tim Ekskavasi Situs Kumitir Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim mengatakan, proses ekskavasi tahap empat dilakukan hingga 30 September 2021 dengan lahan seluas 1.200 meter persegi.

Nantinya, target ekskavasi tahap empat ini difokuskan pada penampakan jalur sisi barat dari dinding yang sudah muncul sejak 2020 silam.

Penggalian ini ditargetkan bisa menampakkan pintu gerbang istana. Bukan hanya itu, ekskavasi tahap empat ini ditargetkan menemukan seluruh bagian dinding sisi barat Situs Kumitir. Tembok dari susunan bata merah kuno itu diyakini sebagai pintu gerbang istana Paman Hayam Wuruk, Bhre Wengker.

“Kita berusaha menampakkan jalur sisi barat dari bentangan yang sudah muncul di tahun 2020, hanya saja kita memperjelas lagi bukaan jalur sisi barat,” ungkapnya.

Dia memperkirakan pintu gerbang istana yang akan di perlihatkan diperkirakan berbentuk paduraksa seperti yang ada di Bali atau Candi Bajangratu di Trowulan, Mojokerto yang memiliki pintu di bagian tengah, kemudian pada bagian atas terdapat hiasan ukel dan relief.

“Kita duga ada di barat, ini nanti kita lihat lagi seperti apa,” tegasnya.

Situs Kumitir sendiri dikelilingi tembok dengan luas 316 x 203 meter persegi. Selain menemukan sebagian talud keliling, tiga tahap ekskavasi sebelumnya juga menyingkap sisa-sisa istana Bhre Wengker. (fad/and/mjf)

Baca juga :