Pemkab Suplai Air Bersih Dampak Kekeringan di Ngoro Mojokerto

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyuplai bantuan air bagi warga terdampak krisis air bersih di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Pembagian bantuan air bersih itu diberikan langsung oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati bersama Kepala BPBD Ludfi Ariyono untuk masyarakat yang kesulitan memperoleh air terutama di tiga Rukun Tetangga (RT) Dusun Kandangan, Desa Kunjorowesi Kecamatan Ngoro.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, pelaksanaan distribusi air bersih terhadap warga terdampak Kekeringa telah dilakukan oleh Pemkab Mojokerto sejak 24 Agustus.

Kata dia, pemerintah Daerah memastikan BPBD Kabupaten Mojokerto akan menyuplai bantuan air secara rutin guna mencukupi kebutuhan warganya yang kesulitan memperoleh air bersih akibat musim kemarau ini.

“Alhamdulillah, hari ini saya dan Tim BPBD  melaksanakan distribusi bantuan air bersih di tiga titik Desa Kunjorowesi,” ungkap Bupati Ikfina.

Pasalnya, BPBD Kabupaten Mojokerto akan menyuplai air bersih sebanyak empat truk tangki masing-masing kapasitasnya sekitar 4.000 liter yang totalnya mencapai 16.000 liter per harinya.

Nantinya, penyaluran bantuan air bersih melalui sistem Dropping menggunakan truk tangki untuk mengisi tandon-tandon yang sebelumnya telah disiapkan oleh BPBD Kabupaten Mojokerto. Sedangkan, distribusi air bersih akan dilakukan setiap hari, mulai pagi pukul 06.00 WIB.

Bantuan air bersih yang sudah berjalan sejak 24 Agustus 2021 ini mampu mendukung kebutuhan warga Desa Kunjorowesi yang berpenduduk kurang lebih 2.000 Kepala Keluarga (KK).

“Memang beberapa waktu ini di sini kesulitan air tapi sudah ditangani oleh BPBD dengan memberikan suplai air bersih secara rutin,” tandasnya.  (fad/mjf)

Baca juga :