Ratusan Bumil di Kota Mojokerto Mulai di Vaksin

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama menyasar ratusan Ibu Hamil (Bumil) di Kota Mojokerto. Meski sebelumnya mereka masuk dalam kategori rentan, Sabtu (15/08/2021).

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, dalam vaksinasi kali ini mereka mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama dengan menggunakan Vaksin Sars-CoV-2 Vaccine (Vero Cell) Innactivated Sinovac di Puskesmas Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Sabtu (14/8/2021).

drg. Heti Nira Purnaningsih Kepala UPT Puskesmas Kedundung mengatakan, berdasarkan ketentuan dari Kementerian Kesehatan (Kesehatan) vaksinasi bagi Bumil yang sebelumnya tidak dapat diberikan, karena mereka masuk kelompok rentan namun kini diperbolehkan.

“Sesuai jadwal hari ini pelaksanaan vaksinasi ibu hamil mencakup dua wilayah yaitu Kelurahan Kedundung dan Kelurahan Gunung Gedangan dengan kuota sebanyak 115 Bumil,” ungkapnya, Sabtu (14/8/2021).

Namun dari jumlah tersebut, kata Heti, bumil yang hadir menjalani vaksinasi hanya 49 orang. Sehingga pihaknya akan menjadwalkan kembali vaksinasi Covid-19 bagi Bumil.

“Sesuai ketentuan vaksinasi dosis satu untuk Bumil dengan usia kehamilan 13 Minggu sampai 33 Minggu selebihnya atau kurang dari itu tidak boleh disuntikan vaksin,” bebernya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk bumil dengan melibatkan dua tim sebanyak delapan orang, termasuk vaksinator pukul 08.00 WIB-12.00 WIB.

Dalam pelaksanaannya Tenaga Kesehatan (Nakes) dan vaksinator bekerja kerasĀ  memberikan edukasi terkait vaksinasi Covid-19 ini. Sebab sebagian bumil merasa ragu-ragu saat disuntikan vaksin.

Mayoritas mereka yang takut divaksin karena khawatir berdampak terhadap tubuh dan efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Masih adanya ibu hamil yang belum di vaksin, pihaknya akan membuat jadwal kembali bagi bumil di Kelurahan Gunung Gedangan dan Kelurahan Kedundung, Kota Mojokerto yang belum menjalani vaksinasi Covid-19 dosis pertama ini.

“Nanti kita jadwalkan ulang untuk Bumil yang tadi tidak hadir vaksinasi paling tidak pelaksanaannya pekan depan,” tandasnya. (fad/gk/mjf)

Baca juga :