Pungli Sopir Truk, Dua Preman di Mojokerto Diringkus Polisi

Anggota Satreskrim Polresta Mojokerto mengamankan dua preman yang melakukan pungutan liar (pungli) pada sopir truk kontainer disekitar pabrik Ajinomoto, Jalan Raya Kenongo, Desa Mlirip, Kecamatan Jetis, Mojokerto.

Keduanya diamankan oleh petugas saat beraksi melakukan pungli pada Jumat lalu (09/07/2021) sekitar pukul 08.30 WIB didepan pintu masuk pabrik PT Ajinomoto.

Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku yakni Mujio (55) dan Muhammad Amar Rizqi (21) yang merupakan warga Desa Mlirip, Kecamatan Jetis meminta uang sebesar 5 ribu rupiah terhadap para sopir yang akan masuk kedalam pabrik.

Iptu Hari Kasatreskrim Polresta Mojokerto mengatakan, dari hasil pemeriksaan, kedua pelaku mengaku menjalankan aksinya selama dua bulan terakhir. Keduanya beraksi dengan modus keamanan.

Mereka memintai setiap truk kontainer uang sebesar 5 ribu rupiah yang akan mengambil muatan di PT Ajinomoto.

“Untuk modusnya itu keduanya mengaku sebagai keamanan, jadi setiap truk diminta uang sebesar 5 ribu rupiah untuk uang kemanan,” jelasnya Jum’at (16/07/2021).

Petugas turut mengamankan barang bukti berupa uang tunai hasil pungli sebesar Rp 292 ribu, dan dua pluit yang digunakan oleh pelaku.

Akibat perbuatannya, kedua preman itu dikenakan pasal Pasal 17 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

Petugas akhirnya langsung melakukan upaya Tipiring (Tindak Pidana Ringan) terhadap keduanya ke Pengadilan Negeri Mojokerto.

“Kemarin sudah kita tipiring ke Pengadilan Negeri Mojokerto, apabila keduanya kembali melakukan perbuatannya, maka bisa dikenakan hukuman 7 (tujuh) hari kurungan dengan masa percobaan 1 (satu) bulan,” tandasnya. (fad/gk/mjf)

Baca juga :