Bertambah Jadi 50 Orang Dinyatakan Positif Covid-19, Begini Kata Walikota Mojokerto

Satgas Covid-19 Kota Mojokerto terus berupaya melakukan tracing terhadap penyebaran penularan Covid-19 di Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto.

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM pada Rabu sore (16/6/2021), sejauh ini sudah ada 96 warga di Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon dilakukan Tracing Swab Test PCR Covid-19.

Dengan hasil terbaru terdapat tambahan sebanyak 18 orang dinyatakan positif Covid-19 melalui uji rapid antigen dan sudah dilakukan isolasi.

Hingga saat ini, tercatat terdapat 50 orang Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto dinyatakan positif Covid-19.

Ika Puspitasari atau Ning Ita Walikota Mojokerto mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu hasil tracing terbaru dan menganalisa kronologi warga di Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto terpapar dengan cepat.

“Saat ini seluruh warga yang sudah kita tracing ada 96 orang kita swab. 50 orang diantaranya positif dan saat ini sudah kita lakukan isolasi di RS Wahidin Sudiro Hisodo dan Rusunawa,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, penularan cukup masif yang terjadi di Lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kota Mojokerto itu bisa menjadi varian baru.

“Kemugkinan ini varian baru, melihat kecepatan dalam penularannya dalam waktu singkat dua gang di Lingkungan Sidomulyo ini banyak yang tertular,” bebernya.

Meski demikian, pihaknya tidak gegabah dalam memutuskan adanya varian baru Covid-19 di Kota Mojokerto. Melainkan masih menunggu hasil pemeriksaan sampel dari BBTKLPP Surabaya.

“Sampel kita ambil dari orang yang memiliki ct value yang terendah diantara 50 orang yang positif, kita kirim untuk di uji,” paparnya.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menghindari kerumunan dan tetap 5 M.

Dia juga meminta agar mayarakat di Kota Mojokerto yang merasa memilki gejala Covid-19, agar segera melaporkan kepada pihak terkait. Hal itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona agar tidak semakin merebah.

Dalam upaya menekan angka penyebaran Virus Corona di Kota Mojokerto, Ning Ita juga mengaku akan memaksimalkan proses vaknisasi online yang diperuntukan bagi masyarakat yang rentan.

“Dari total vaksin pada bulan Juni masih ada 8 ribu. Kita optimis kita buka secara online. Ini akan segera kita selesaikan, khususnya bagi masyarakat Kota Mojolerto yang berusia 18 tahun ke atas,” tegasnya. (fad/gk/mjf)

Baca juga :