Unair Temukan Covid-19 Varian Inggris di Bangkalan

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menemukan virus Covid-19  strain B117 yang berasal dari Inggris di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Dr. dr. Agung Dwi Wahyu Widodo, Anggota Dewan Pakar Satgas Penanganan Covid-19 Jatim mengatakan, penyebaran virus varian Inggris sangat cepat, penularannya meningkat sampai 40-90 persen kasus.

“Kalau di Amerika doubling time-nya dalam sepuluh hari sudah meningkat pesat. Kemudian jumlah pasien yang masuk rumah sakit cukup tinggi, kondisinya berat, angka kematiannya cukup tinggi, dan bisa terjadi re-infeksi, meski jumlah pasien di Inggris yang sudah kena lalu kena lagi minimal sekali,” ujarnya.

Karena itu, ia meminta masyarakat tidak lengah dan lebih patuh menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas.

“Varian ini bukan varian bohong-bohongan dan saya tidak berusaha menakut-nakuti.  Karena faktanya Inggris dan Amerika yang begitu maju lumpuh,” katanya.

Data Inggris dan Amerika menyebutkan, virus yang disebut badan kesehatan dunia (WHO) sebagai varian Alpha ini bukan hanya menyerang orang dewasa dan orang tua, tapi juga anak dan remaja. Mempertimbangkan hal itu, dokter Agung berharap pembelajaran tatap muka dapat dibicarakan kembali sebelum dibuka pada Juli 2021.

Berdasarkan hasil rapat Senin (7/6/2021) malam, selain Kabupaten Bangkalan, daerah lain di Jatim yang angka pasien Covid-nya terus naik juga akan mendapat perhatian khusus dari Pemerintah dan Satgas Covid-19. (may/mjf)

 

Baca juga :