Apa Sih Bedanya Creambath, Hair Spa dan Hair Mask. Mana yang Cocok Untukmu?

Perawatan rambut saat ini tidak terbatas keramas dan menggunakan conditioner saja. Perawatan rambut di salon menawarkan beragam jenis, misalnya saja creambath, hair spa dan hair mask. Meski kerap menjadi perawatan andalan, tidak bisa dipungkiri sebagian orang kadang masih merasa bingung mengenai perbedaan ketiganya.

Meski ketiganya memiliki peran yang sama untuk menutrisi rambut agar senantiasa sehat, namun mana yang paling cocok untuk kondisi kulit Anda saat ini? Nah, untuk Anda yang penasaran, yuk cari tahu perbedaannya.

Creambath

Bagi yang belum tahu, sebenarnya creambath merupakan treatment asal Indonesia, lho! Perawatan ini diciptakan oleh Rudy Hadisuwarno yang telah lama berkecimpung di dunia salon. Karena di tahun 70-an perawatan rambut kebanyakan menggunakan minyak yang meninggalkan residu saat dibilas, Rudy berinisiatif membuat produk dari krim yang mampu mengembalikan kelembapan rambut tapi tidak lengket ketika dibilas.

Produk krim untuk creambath biasanya menggunakan bahan dari ekstrak buah-buahan atau sayuran yang baik untuk menutrisi rambut. Prosesnya pun cukup sederhana, selain mengoleskan krim, creambath identik dengan pemijatan pada kulit kepala yang berfungsi melancarkan peredaran darah dan memberi efek relaksasi. Perawatan dilanjutkan dengan steam atau membungkus rambut dengan handuk hangat agar pori-pori kepala terbuka dan krim terserap dengan baik.

Creambath cocok untuk masalah rambut bertaraf wajar atau rambut yang belum pernah melakukan tindakan dengan bahan kimia seperti hair coloring, hair curling dan penataan rambut lainnya. Selain itu, creambath hanya bisa mengenai lapisan rambut terluar (kutikula) sehingga disebut sebagai perawatan dasar.

Hair spa

Bagi Anda yang  memiliki rambut kusam, mudah rontok, kering dan kasar akibat hair styling, perawata hair spa bisa jadi pilihan. Bertujuan untuk merawat dan menutrisi rambut, hair spa juga sering disebut sebagai creambath plus karena metodenya yang hampir sama namun dengan hasil yang lebih maksimal. Hair spa biasanya menggunakan produk krim namun formula di dalamnya bisa merawat akar rambut sekaligus. Kandungannya pun lebih kaya vitamin sehingga berguna mampu menutrisi akar rambut dan menguatkan folikel rambut serta merevitalisasi kulit kepala.

Mengenai prosesnya sendiri, hair spa biasanya dilakukan dengan pijatan kepala dan steam untuk meningkatkan sirkulasi darah. Jadi, pada dasarnya perawatannya tidak jauh berbeda dengan creambath.

Hair mask

Perawatan rambut satu ini umumnya digunakan untuk masalah rambut yang lebih parah. Misalnya rambut yang sudah sering melakukan hair styling, rapuh, kering, dan rusak karena polusi , serta rambut rontok dalam kondisi parah. Pasalnya, formula dalam hair mask dipercaya mampu memberi perawatan mendalam dan membantu menguatkan akar rambut. Dengan hair mask secara teratur pun, Anda bisa mendapati rambut yang tebal, kuat, lembap dan berkilau.

Dalam perawatannya, hair mask sedikit berbeda dengan creambath dan hair spa. Perawataan rambut ini tidak menggunakan teknik memijat karena membuat rambut semakin rontok dan rusak. Meski begitu, terapis atau salon-salon pada umumnya akan memberi pijatan pada bagian tubuh lainnya seperti belakang leher, bahu dan punggung. (aya/mjf)

Baca juga :