Puspa Majapahit Mojokerto Gelar Sarasehan MKS Plus Peluang Bermitra Usaha Dengan Kampung Cokelat

Ditengah pendemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, sangat berdampak pada ekonomi keluarga. Sehingga berpotensi menimbulkan masalah mulai dari kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) hingga meningkatnya kasus perceraian.

Hal inilah yang menjadi perhatian serius Puspa Majapahit, sebuah lembaga partisipasi publik yang fokus pada Kesejahteraan Perempuan dan Anak. Salah satu langkah yang dilakukan yakni menggelar sarasehan Managemen Keluarga Sakinah (MKS) plus peluang bermitra usaha dengan menggandeng Wisata Desa dan Kampung Cokelat Majapahit.

Sarasehan ini digelar di Wisata Desa Bumi Mulyojati, Dlanggu Mojokerto, Sabtu pekan lalu (24/04/2021) secara terbatas dan standar protokol kesehatan, dengan diikuti 55 peserta dari berbagai unsur, seperti Dosen, Mahasiswa, Bidan, Karyawan Swasta, Ibu Rumah Rangga, ASN dan Konsultan Kesehatan.

Evi Kusumawati, Ketua Puspa Majapahit Kabupaten Mojokerto menyatakan, tujuan sarasehan ini diantaranya untuk meningkatkan kualitas keluarga dari aspek keimanan dan ekonomi. Sehingga menjadi keluarga yang tangguh Iman, Ilmu, Amal dan Ekonomi agar bisa meminimalisir berbagai permasalahan yang ada. Seperti KDRT, Perceraian dan masalah kesehatan dalam keluarga seperti stunting hingga kekurangan gizi.

“Kesejahteraan keluarga itu tidak mungkin terwujud jika keluarga tidak harmonis, tidak produktif dan tidak memiliki sikap atau etik yang mulia. Nah, Puspa Majapahit ini berupaya untuk mendorong terwujudnya hal tersebut,” ungkapnya.

Sementara dalam sarasehan tersebut dikemas secara terintegrasi sesuai kebutuhan keluarga, permasalahannya dan solusimya secara konkrit. Misalnya, terkait peluang usaha, para peserta langsung ditemukan dengan peluang bermitra usaha khususnya penjualan produk Coklat Majapahit.

Sarasehan ini dihadiri Bank Jatim cabang Mojokerto, Ketua Puspa Majapahit dan GM Wisata Desa Bumi Mulyo Jati. Serta narasumber KH M Qodiron Abdurrochim dengan materi MKS, Nurhariyanto dengan materi Solusi Keuangan Keluarga, dr Esti Hermawati dan DR Windu Santoso dengan materi temtang Kesehatan dan Psikologi serta Mulyono dengan materi Peluang Usaha serta dipandu oleh Motivator Sambit Wahyudiono. (zac/and/mjf)

Baca juga :