Cerita di Balik Emak-emak Kirim Sabu Untuk Anaknya Lewat Tahu Isi di Lapas Mojokerto

Kasus penyelundupan barang haram jenis sabu ke dalam Lapas Kelas IIB Mojokerto kembali terulang. Kali ini, seorang emak-emak nekat menerima titipan makanan ringan berupa gorengan yang di dalamnya berisikan sabu untuk anaknya.

“Saat ini kita masih berusaha melakukan pengembangan dan membuka ruang agar bagaimana ibu ini mendapatkan titipan bisa kita ungkap, sebab ini menjadi dilema buat kita,” kata Kalapas Klas IIB Mojokerto, Dedy Cahyadi Kamis (25/03/2021).

Kata dia, saat ini petugas lapas bersama anggota Satnarkoba Polresta Mojokerto masih melakukan proses pengembangan atas penyelundupan 10 paket sabu ke dalam Lapas IIB Mojokerto pada Rabu (24/03/2021) kemarin.

Menurutnya, hal seperti ini kerap terjadi di lapas bukan hanya Mojokerto melainkan lapas lain.

Dari hasil pemeriksaan terhadap IA, emak-emak yang diketahui berasal dari asal Desa Simogirang, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo mengaku hanya mendapatkan titipan dari seseorang.

“Hal ini menjadi dilema buat kita, sebab ibu ini mengaku hanya dititipi saja, siapa orang yang menitipkan ini masih kita kembangkan,” paparnya.

Menurut dia, IA biasanya kerap datang untuk menjenguk anaknya yamg ada dalam lapas dan mengirim makanan seperti biasa.

“Mungkin karena ibu ini sering datang dan aman. Sehingga di tumpangi dan dititipkan ke ibu ini, ” jelasnya.

Dalam kasus ini, terdapat dua narapidana yang terlibat, yakni AF yang merupakan anak dari IA dan AL rekan AF. Keduanya terlibat dalam kasus peredaran narkoba.

Dia menjelaskan penyelundupan peredaran narkoba jenis sabu ini berhasil digagalkan oleh petugas penjaga Lapas Kelas IIB Mojokerto pada saat IA akan mengirimkan makanan untuk anaknya, pada Rabu (24/03/2021) sekitar pukul 09.45 WIB.

Saat itu petugas tengah mencurigai isi tas kresek yang berisikan gorengan tahu yang dibawanya. Dari hasil pemeriksaan didapati sebanyak 10 peket sabu dalam plastik klip yang dimasukan dalam tahu.

“Untuk saat ini dua warga binaan ini telah di amankan di Polresta Mojokerto untuk pemeriksaan lebih lanjut, ” tandanya. (fad/gk/and)

Baca juga :