Jatim Dapat 50 Ribu Vaksin AstraZeneca

Sebanyak 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca sudah datang di Jawa Timur.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengatakan, sebanyak 45 ribu vial atau setara 450 ribu dosis yang sudah tiba di Jatim. Begitu datang, vaksin itu sudah didistribusikan ke 4 daerah. Yakni di Sidoarjo, Jombang, Kabupaten Kediri, dan Kota Surabaya. Keberadaan AstraZeneca itu dia harap memperluas cakupan vaksinasi di Jatim.

“Proses vaksinasi menggunakan AstraZeneca juga sudah dilakukan serentak di Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Jombang. Bahkan, Joko Widodo Presiden menyaksikan langsung proses vaksinasi di dua daerah itu,” ujar Gubernur.

Kata Khofifah, vaksin AstraZeneca sudah dapat izin pemakaian dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah mendapat fatwa boleh digunakan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurutnya, perluasan vaksinasi di Jatim perlu dilakukan sebelum memasuki Bulan Ramadhan. Terutama terhadap para imam, muazin, dan marbot masjid yang menurutnya bagian dari pelayan publik.

“Sebelum memasuki bulan Ramadhan ini, kami harap para imam, muazin, dan marbot masjid segera dapat vaksinasi,” ungkapnya.

Khofifah juga mengatakan, berdasarkan laporan mingguan bersama Kemenkes RI. Sampai Selasa pagi kemarin Jatim tercatat sebagai provinsi dengan vaksinasi pelayan publik tertinggi di Indonesia.

Tercatat, sebanyak 573.497 pelayan publik telah menjalani vaksinasi di Jatim. Sementara secara keseluruhan, vaksinasi di Jatim telah menyasar 1,3 juta penduduk. (may/mjf)

Sumber  : https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/jatim-dapat-450-ribu-vaksin-astrazeneca-sudah-terdistribusi-ke-empat-daerah/

Baca juga :