9 Cara Merapikan Pakaian Supaya Nggak Menumpuk & Lebih Lapang!

Kalau kamu punya hobi berbelanja pakaian pasti punya banyak koleksi di dalam lemari, deh. Namun, sudah punya setumpuk baju tetap saja bilang,“Duh, bingung pakai baju apa?” atau “Nggak punya baju, nih!”

Menurut penelitian, orang hanya menggunakan 20% koleksi pakaiannya. Hal ini disebabkan oleh koleksi baju yang menumpuk tak beraturan di dalam lemari pakaian. Alhasil, kamu hanya menggunakan pakaian yang itu-itu saja!

Cara merapikan lemari pakaian, tuh, nggak harus ribet. Kamu pun nggak akan kesulitan lagi mencari pakaian favorit dari lemari yang lapang dan terorganisasi.

Ingin punya lemari pakaian yang tertata rapi dan enak dipandang? Langsung praktikkan tips  berikut ini.

1. Sortir pakaian terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk merapikan lemari pakaian agar lapang adalah dengan cara menyortir seluruh pakaian. Lebih seringnya lemari terlihat sangat penuh karena banyaknya pakaian yang menumpuk begitu saja.

Setelah mengeluarkan seluruh isi lemari, kamu jadi lebih mudah memilah pakaian mana yang masih ingin kamu gunakan atau mana yang tidak. Kamu bisa menyimpan kotak pakaian yang sudah tidak digunakan ke dalam gudang atau berikan kepada yang lebih membutuhkan.

2. Pisahkan pakaian sesuai fungsinya

Setelah mengumpulkan pakaian yang masih terpakai, kamu bisa mulai mengelompokkan pakaian sesuai dengan fungsinya. Pisahkan kelompok pakaian untuk bekerja atau kuliah, main, dan yang hanya digunakan sehari-hari di rumah.

Hal ini memudahkan kamu menemukan pakaian yang akan digunakan dengan lebih cepat. Kamu nggak akan membuang waktu lama untuk dress up saat hendak pergi kencan dengan pacar, deh.

3. Atur sesuai warna

Selain memisahkan pakaian sesuai dengan fungsinya, kamu juga bisa memisahkan pakaian sesuai kelompok warna. Misalnya mulai dari warna merah-hijau-kuning serta gradasinya untuk disimpan ke lemari pakaian.

Hal ini dilakukan agar pakaian selalu terlihat rapi. Mengatur pakaian sesuai warna juga memudahkan kamu untuk memilih baju saat ingin memadupadankannya, alias mix and match.

4. Pakaian digulung atau dilipat sampai ukurannya kecil

Trik merapikan lemari pakaian yang efektif adalah dengan cara menggulung atau melipat pakaian menjadi ukuran sekecil mungkin. Kalau kamu melipat baju seperti biasa malah ‘makan tempat’ ketika disimpan ke dalam lemari.

Kamu bisa menggulung pakaian berbahan ringan seperti kaus dan celana dari bahan katun. Setelahnya, simpan sesuai warna pakaian dan letakkan dengan cara didirikan, bukan ditumpuk.

Kalau pun kamu ingin menumpuk pakaian, jangan menumpuknya terlalu tinggi. Tumpuk maksimal 10 pakaian saja. Praktis bagi kamu yang sering kesulitan untuk menemukan pakaian setiap pagi!

5. Gantung pakaian yang mudah kusut

Saat menyortir pakaian, pisahkan juga pakaian yang wajib gantung. Pilihlah pakaian yang mudah kusut untuk digantung di dalam lemari. Material yang mudah kusut biasanya berbahan sifon, sutra, poliester, spandek, atau fleece.

Kamu juga bisa menggantung pakaian berukuran besar atau berdesain unik di dalam lemari. Hal ini berguna agar pakaian tidak berubah bentuk dan akan lebih mudah dicari ketika akan digunakan.

6. Simpan aksesori di tempat terpisah

Jika kamu memiliki koleksi aksesori seperti kalung, gelang, dan cincin, maka harus disimpan dalam tempat terpisah. Hal ini dilakukan agar lemari kamu jadi lebih terorganisasi dan tertata rapi.

Kalau kamu ingin tetap menyimpannya di dalam lemari pakaian, sebaiknya dimasukkan ke dalam kotak khusus perhiasan atau organizer.

Kamu akan lebih mudah menemukannya saat hendak digunakan. Selain itu, tidak ada lagi insiden aksesori terselip dan hilang kalau selalu dikembalikan ke tempatnya.

7. Gunakan gantungan bulat

Untuk kamu yang punya koleksi hijab, syal, selendang, dan scarf, bisa menggunakan gantungan bulat agar lemari lebih tertata rapi.

Gantungan bulat bisa menampung lebih banyak koleksi hijab kamu, sekaligus menjaga agar koleksi hijab tidak mudah kusut. Kamu pun lebih gampang menemukan hijab yang akan digunakan.

8. Gunakan gantungan bersusun

Bagi kamu yang punya lemari dengan ukuran terbatas, bisa mencoba menggunakan gantungan bersusun untuk merapikan lemari pakaian. Kamu bisa menemukan gantungan ini dengan mudah di toko online.

Biasanya gantungan bersusun memiliki rantai sambung untuk menggantung pakaian secara vertikal. Hal ini membantu kamu lebih cepat menemukan pakaian yang akan digunakan. Selain itu, gantungan bersusun juga membuat space lemari jadi lebih lapang.

9. Gunakan kotak penyimpanan transparan

Cara merapikan lemari pakaian yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah menggunakan kotak transparan. Jika kamu ingin menyimpan koleksi sepatu secara terpisah di luar lemari juga boleh, kok.

Menyimpan sepatu di dalam kotak transparan akan membuat lemari menjadi rapi. Selain itu, juga akan memudahkan bagi kamu untuk menemukan sepatu yang akan kamu gunakan tanpa harus membuka tutupnya terlebih dahulu.

Merapikan koleksi pakaian ternyata tidak sulit, kan? Kamu hanya butuh ketekunan untuk memilih pakaian yang dibutuhkan atau tidak.

Jika merasa pakaian sudah terlalu banyak, kamu bisa menyumbangkannya kepada mereka yang lebih membutuhkan. Sstt, kamu juga bisa membuat garage sale dari koleksi pakaian!

Siap untuk mengosongkan lemari pakaian? (gk/aya/mjf)

 

Sumber : Naskah Berita Asli

Baca juga :