Upaya Pemadaman Dua Gudang Pabrik Cat Kayu di Mojokerto, Petugas Terpaksa Jebol Pintu

Kebakaran terjadi di pabrik cat kayu PT. Bina Maju di Jalan Jaya Negara, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Petugas sempat kesulitan untuk menjinakkan api.

“Kejadian sekitar pukul 02.30 WIB, ada seorang pengendara mobil datang ke kantor PMK Kota Mojokerto bilang, kalau ada kebakaran yang disertai ledakan lumayan keras,” ungkap Eko Subekti Komandan Regu PMK Kota Mojokerto kepada Reporter Maja FM.

Mendapati informasi tersebut, satu mobil pemadam kebakaran milik Kota Mojokerto diterjunkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api. “Awal hanya ada kita (PMK Kota Mojokerto, Red) saat itu gudang yang terbakar ini posisi terkunci,” ujarnya dilokasi kejadian.

Menurutnya, dalam upaya pemadaman, petugas harus menjebol pintu gudang produksi dengan cara menarik dengan rantai lalu ditarik dengan mobil. Sebab saat terbakar gudang posisi terkunci.

“Kita jebol karena pada saat itu kita cukup kesulitan untuk bisa masuk ke titik api, sampai temboknya ikut jebol,” jelasnya.

Selang beberapa lama kemudian, petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Mojokerto dikerahkan untuk berusaha memadamkan api agar tak merembet ke gudang lain yang saling berdempetan.

“Apinya tadi sempat mengecil, tapi akhirnya besar lagi karena bahan yang terbakar ini seperti tiner dan semacamnya. Sehingga api akhirnya merembet ke gudang lainya,” paparnya.

Selain karena medan, kesulitan petugas dalam upaya pemadaman yakni banyaknya bahan yang mudah terbakar seperti jenis minyak (tiner). Sehingga hal itu menyulitkan petugas untuk menuju titik api.

“Kalau sekedar bahan bahan lain mudah untuk dipadamkan. Ini banyak material dan minyak, sehingga membuat lama proses pemadaman,” jelasnya.

Sementara itu, Wawan Kurniawan anggota Team Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, dalam upaya pemadaman setidaknya ada 7 mobil pemadam dari Kabupaten Mojokerto serta Kota Mojokerto. ¬†“Ada 7 yang mobil yang diterjunkan, saat ini tim masih berjibaku. Perkiraan¬† butuh waktu 3 sampai 4 jam lagi bisa dipadamkan,” tegasnya. (fad/gk)

Baca juga :