Ingin Daftarkan Orang Tua Lansia Anda Vaksinasi? Ini Caranya!

Foto : metro_tmp

Jakarta – Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bilang ada dua mekanisme yang bisa dipilih kelompok lanjut usia (lansia) untuk mendapat vaksin virus corona.

Yakni, mendaftar secara mandiri atau mengikuti program vaksinasi massal yang disediakan oleh organisasi tertentu yang bekerja sama dengan pemerintah.

Mekanisme yang pertama, lansia sasaran vaksin Covid-19 dapat melakukan pendaftaran mandiri melalui website kemkes.go.id atau situs Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) di covid-19.go.id.

Di kedua website itu akan tersedia tautan yang dapat di klik sasaran lansia dan di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi. Dalam mengisi data, lansia dapat dibantu oleh keluarga ataupun pihak RT/RW setempat.

Setelah mengisi formulir, maka data peserta akan masuk ke Dinkes masing-masing provinsi sesuai dengan domisili. Selanjutnya Dinkes akan menentukan jadwal termasuk hari waktu lokasi pelaksanaan vaksinasi.

Mekanisme kedua adalah dengan mengikuti program vaksinasi massal yang disediakan oleh organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes ataupun Dinkes tingkat kota/kab/provinsi, misalnya organisasi untuk para pensiunan ASN, PEPABRI, ataupun legiun veteran.

Setelah dipastikan ada informasi program vaksinasi massal, organisasi atau institusi tersebut akan melakukan pendataan pada sasaran masyarakat lansia di daerah masing-masing. (gk/mjf)

Baca juga :