Menang Lagi, Manchester City Kembali Jaga Jarak di Puncak Klasemen Sementara

Pemain Manchester City, Gabriel Jesus dan Raheem Sterling, merayakan gol ke gawang Burnley pada laga lanjutan Liga Inggris di Turf Moor, Burnley, pada Kamis (4/2/1/2021) dini hari WIB.(AFP/Gareth Copley)

Manchester City meraih kemenangan kesembilan secara beruntun di Liga Inggris usai menundukkan Burnley dengan skor 2-0 pada Rabu (3/2/2021) atau Kamis dini hari WIB. Skuad asuhan pelatih Pep Guardiola itu unggul cepat memasuki menit ketiga pertandingan Premier League itu lewat aksi penyerang Gabriel Jesus yang menyundul bola liar hasil kemelut dalam kotak penalti Burnley.

Seperti yang dilansir dari kompas.com, keunggulan Man City bertambah pada menit ke-38, setelah Raheem Sterling menceploskan bola dari jarak dekat untuk menaklukkan kiper Burnley, Nick Pope.

Gol tersebut berawal dari pergerakan gelandang Man City, Ilkay Guendogan, yang menembus lini pertahanan Burnley sebelum melepaskan umpan mendatar di dalam kotak penalti tim lawan. Joao Cancelo sempat memperoleh peluang bagus dua menit berselang dari gol Sterling, setelah menerima operan matang dari Riyad Mahrez. Sayang, sepakan keras bek berkebangsaan Portugal tersebut mengarah tepat ke arah Pope dan menjadi kesempatan terakhir bagi skuad The Citizens di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Man City semakin gencar menekan pertahanan Burnley untuk menambah keunggulan mereka atas tim tuan rumah. Mahrez sempat mencetak gol untuk timnya pada menit ke-56, usai menerima operan dari Jesus dari sisi kanan pertahanan Burnley. Namun, wasit Martin Atkinson menganulir gol tersebut karena menganggap Mahrez sudah offside ketika mendapatkan bola dari rekan setimnya.

Pada menit ke-70, Man City berpeluang mendapat hadiah penalti setelah Jesus berbenturan dengan bek James Tarkowski di area pertahanan Burnley.

Atkinson menolak klaim dari Jesus mengenai pelanggaran yang terjadi, sementara asisten wasit dengan teknologi video (VAR) tidak melakukan tinjauan ulang atas insiden tersebut. Hasil maksimal atas Burnley membuat Man City meraih 13 kemenangan di berbagai ajang sejak Desember, menyamai rekor serupa milik Arsenal pada 2002.

Tambahan tiga angka dari laga ini, membuat Man City menjaga tempatnya di puncak klasemen sementara Premier League dengan 47 poin dari 21 pertandingan. (gk/mjf)

Baca juga :