22 Pelaku Narkoba di Mojokerto Diringkus Polisi, Beberapa Diantaranya Transaksi Sabu di Tempat Wisata

Peredaran narkoba di Kabupaten Mojokerto merebak hingga di kawasan wisata. Sejumlah pelaku berhasil diamankan polisi dengan barang bukti puluhan gram sabu.

AKBP Dony Alexander, Kapolres Mojokerto mengatakan, ada dua kasus yang menonjol dari tersangka yang ditangkap. Yakni penangkapan pengedar narkoba dikawasan wisata di wilayah Pacet dan Trowulan.

“Kami menyita sabu 41,36 gram dan 33,52 gram dari tiga tersangka berbeda,” kata Dony di Mapolres Mojokerto, Jumat (20/11/2020).

77 gram lebih sabu ini, kata Kapolres, telah diamankan oleh Satnarkoba Polres Mojokerto bersama jajaran dari tiga pelaku yang berbeda. Barang bukti 41,36 gram sabu dari tangan pelaku M Yusuf Hidayatullah warga Dusun Wates, Desa Centong, Kecamatan Gondang.

Sementara sabu dengan berat 33,52 gram itu disita dari tangan Tohari Aris Prasetyo warga Desa Kesiman, Kecamatan Trawas dan Sumardi warga Desa Watesumpak, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

“Untuk kedua tersangka ini diamankan Unit Reskrim Polsek Pacet, mereka seringkali melakukan transaksi di tempat wisata salah satunya di situs dikawasan Trowulan, dan Pacet,” paparnya.

Menurutnya, penangkapan terhadap para pelaku pengedar dikawasan wisata ini menjadi atensi dari aparat kepolisian. Untuk itu Kapolres meminta jajarannya agar bersinergi dalam rangka memutus mata rantai penyebaran narkoba di Mojokerto.

“Kita sudah bisa mengarah ke tempat wisata untuk melakukan pemantauan maksimal bekerja sama dengan stakeholder, untuk memantau lokasi tempat wisata salah satunya Pacet. Dari 22 tersangka, kami berhasil menyita total 142,21 gram sabu,” tegasnya.

Sementara itu, Tohari salah seorang pelaku mengaku, pihaknya baru keluar dari Lapas Lowokwaru Malang hanya disuruh oleh seseorang untuk mengantarkan barang haram tersebut. “Saya hanya mengantar barang ini atas petunjuk atasan saya. Saya diberikan imbalan Rp 25 ribu per gramnya,” tegasnya.

Sedangkan pelaku atas nama Yusuf juga mengaku hanya diminta mengantar sabu yang sudah dipaket atau siap edar oleh seseorang.

Selain ketiga pelaku, Satnarkoba Polres Mojokerto beserta jajaran juga mengamankan 19 orang lain yang terjerat dalam kasus serupa.

“Total keseluruhan dari 22 pelaku yang kita amankan selama September hingga November ada sebanyak 142,21 gram sabu yang kita sita. Modus mereka (pengedar), rata-rata memakai sistem ranjau,” tandas Kapolres. (fad/gk)

Baca juga :