Rem Blong di Jalur Cangar-Pacet Mojokerto, Seorang Pengendara Motor Meninggal

Seorang pengendara motor meninggal dunia, setelah kecelakaan di jalur Cangar – Pacet, Mojokerto pada Minggu kemarin (1/11/2020) sekitar pukul 13.00 WIB.

Informasi yang dihimpun Reporter Maja FM, korban meninggal diketahui bernama M. Yudi Hadi Utama asal Kelurahan Bendul Merisi, Kecamatan Wonocolo, Surabaya.

Sedangkan tiga penumpang motor yakni Nur Huda (52) warga Jalan S. Parman, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo (Luka ringan). Nabila Asrul (12) adalah anak kandung Nur Huda berstatus pelajar (Luka Ringan), dan Safila usia satu tahun cucu dari yang merupakan bersangkutan (Luka Ringan).

Dari data yang didapat, empat orang itu berboncengan mengendarai motor matic Honda Vario bernopol L 5194 MR. Mereka diketahui satu keluarga, yang mengalami rem blong di jalur turunan kawasan Sendi, Pacet Selatan, Kabupaten Mojokerto,

“Pengendara sepeda motor M.Yudi Hadi Utama meninggal dan tiga penumpang mengalami luka ringan. Berboncengan empat,” ungkap AKP Randy Asdar, Kasatlantas Polres Mojokerto, Senin (2/11/2020).

Randy mengatakan, kronologi berawal saat korban mengendarai motor dan berboncengan empat dari Kota Batu hendak pulang melalui jalur Cangar-Pacet.

Setibanya di lokasi kejadian,
tiba-tiba rem motor tidak berfungsi. Sehingga kendaraan melaju kencang tidak terkendali di jalan turunan curam tersebut.

Pengemudi motor jatuh tersungkur jungkir-balik mengenai dinding beton dan terbentur menabrak tiang listrik di sisi kiri jalan. Tiga orang penumpang motor terhempas jatuh tersungkur di aspal.

“Jadi kendaraan mengalami rem blong hilang kendali oleng ke kiri. Kemudian menabrak beton cor dan tiang listrik sehingga terjadilah laka lantas,” jelasnya.

Menurutnya, petugas Unit Laka Satlantas Polres Mojokerto melakukan olah TKP. Termasuk mengumpulkan keterangan dari saksi mata untuk mengungkap penyebab fatalitas kecelakaan yang merenggut satu korban jiwa ini.
Korban diduga juga tidak paham medan jalan di area Sendi, yang merupakan jalur turunan curam dari arah Cangar-Pacet.

“Penyebab kecelakaan diduga disfungsi rem di jalan turunan. Sehingga korban tidak bisa menguasai laju kendaraannya dan mengantisipasi situasi dan kondisi jalan mengakibatkan fatalitas kecelakaan,” terangnya.

Petugas kepolisian bersama warga setempat dan relawan mengevakuasi jenazah korban kecelakaan ke rumah sakit terdekat. “Jenazah korban dievakuasi ke Rumah Sakit Sumber Glagah dan telah dihubungi pihak keluarga yang bersangkutan terkait musibah kecelakaan yang menimpa korban,” terangnya.

Kasatlantas juga menghimbau, seluruh pengguna jalan harus selalu mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas. Termasuk mengecek kondisi kendaraan secara berkala untuk memastikan kendaraan siap untuk digunakan.

Apalagi, akhir libur panjang ini Satlantas Polres Mojokerto menurunkan seluruh personel untuk melaksanakan Patroli dan pengaturan arus lalu lintas demi kelancaran dan keamanan semua pengguna jalan.

“Kami dari satuan lalu lintas Polres Mojokerto terus melakukan evaluasi terhadap lokasi yang sering terjadi kecelakaan dan akan bersama Forum lalu lintas dalam pencegahan kecelakaan,” tandasnya. (fad/gk)

Baca juga :